Sukses

Tiga Bintang Baru Mercedes-AMG Adopsi Teknologi Hybrid

Liputan6.com, Detroit - Mercedes-AMG memperkenalkan tiga produk terbarunya di Detroit Motor Show. Produk tersebut adalah CLS 53, E 53 Coupe, dan E 53 Cabriolet.

Ketiganya mengadopsi mesin baru 3,0 liter yang terelektrifikasi. Mesin tersebut disematkan twin-turbocharger, yang satu adalah exhaust gas turbocharger dan satunya lagi electric auxiliary compressor

Mesin 6-silinder segaris tersebut menghasilkan tenaga 435 Tk dengan tenaga puncak 520 Nm. EQ Boost starter-alternator memberikan tenaga ekstra 16 kW (21 Tk) dengan torsi 250 Nm. Sistem ini diklaim sebagai sistem mild hybrid yang dapat meningkatkan performa sekaligus menjaga efisiensi bahan bakar.

Tenaga dari mesin disalurkan ke semua roda melalui transmisi AMG Speedshift TCT 9G dan sistem penggerak empat roda AMG Performance 4Matic+.

Sistem pintar Mercedes ini dapat membagi torsi dari poros depan dan poros belakang untuk mengoptimalkan traksi setiap roda, serta meningkatkan kestabilan berkendara di setiap kondisi, seperti jalanan kering maupun licin.

Mercedes mengklaim, transisi torsi dari depan ke belakang maupun sebaliknya terasa halus, karena sistem ini terintegrasi dengan desain mobil secara keseluruhan. 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Karakteristik AMG 53 terbaru semakin kuat dengan lima mode berkendara Dynamic Select yang bisa dipilih. Mode tersebut adalah "Eco", "Comfort", "Sport", "Sport+" and "Individual".

Untuk mengaktifkan mode transmisi manual, pengemudi tinggal menekan tombol 'M' lalu perpindahan gear dilakukan melalui paddleshift yang bersemayam di belakang lingkar kemudi.

Pengendalian semakin disempurnakan berkat kehadiran suspensi AMG Ride Control+. Suspensi multi-chamber air ini menggabungkan kedinamisan berkendara dan kenyamanan.

Karakter peredaman memiliki tiga pilihan, yaitu "Comfort", "Sport" and "Sport+". Selain itu, pengemudi dapat meninggikan ground clearance jika menghadapi jalanan jelek, dan ground clearance akan turun secara otomatis pada kecepatan tinggi untuk menyempurnakan centre of gravity.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dalam keterangan resminya, Mercedes belum memberikan bocoran harga untuk ketiga produk terbarunya. Namun, Carscoops memprediksi, harga untuk Mercedes-AMG CLS 53 mendekati US$100 ribu atau setara Rp 1,3 miliar.

Saksikan Video World Premiere Mercedes-AMG CLS 53 di Bawah Ini:

vidio:

Artikel Selanjutnya
KTM Luncurkan Motor Sport 250 cc dengan Knalpot Samping, Berapa Harganya?
Artikel Selanjutnya
Toyota MR2 Spyder, Mobil Mesin Tengah Legendaris Bikinan Jepang