Sukses

Honda Siap Pamer HR-V Listrik Tahun Ini, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Honda dikabarkan siap memperkenalkan tiga mobil listrik terbarunya tahun ini. Mobil ramah lingkungan dari pabrikan berlambang huruf 'H' ini, salah satunya bakal menggunakan basis sport utility vehicle (SUV), HR-V.

Namun sayang, peluncuran Honda HR-V listrik ini bukan di Indonesia, melainkan di Tiongkok. Sebelumnya, Honda HR-V ini sudah ditawarkan dengan pilihan mesin bensin, diesel, dan hybrid di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Menurut laporan dari Yahoo Japan, Honda HR-V listrik ini kemungkinan besar bakal melakukan penampilan perdana di Beijing Auto Show 2018.

"Dua perusahaan patungan lokal akan mulai produksi dan menjual SUV kecil listrik ini. Saya ingin mengenalkannya sesegera mungkin," ujar Yasuhide Mizuno, COO Honda China, seperti dikutip Paultan, Senin (8/1/2017).

Tidak ada informasi lain mengenai mobil listrik, selain HR-V. Tapi kemungkinan besar, HR-V akan bergabung dengan XR-V, sebagai model eksklusif untuk pasar Tiongkok.

Selain itu, tidak juga dikonfirmasi jika dua perusahaan patungan, Dongfeng Honda dan Guangqi Honda bakal terlibat dalam produksi mobil listrik tersebut.

Untuk harga juga belum ada informasi detail mengenai hal tersebut, dan kemungkinan besar bakal diumumkan saat mendekati peluncuran di tahun ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 3 halaman

Honda Brio listrik

Dijelaskan Jnaneswar Sen, Senior VP, Marketing & Sales Honda Cars India, pabrikan asal Jepang ini kemungkinan besar bakal mengembangkan platform baru untuk Honda Brio listrik.

"Perusahaan telah mengerjakan strategi EV untuk pasar India beberapa waktu lalu," ungkap Jnaneswar.

Salah satu sumber internal Honda India yang dekat dengan rencana tersebut mengungkapkan bahwa anak perusahaan Honda di India belum mengidentifikasi jenis kendaraan listriknya. "Perusahaan induk secara aktif terlibat dalam strategi tersebut untuk pasar kita," ucap sang sumber.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, di Eropa dan Jepang, Honda bakal menghadirkan versi produksi dari Honda Urban EV Concept pada 2019 dan 2020. Sedangkan untuk di India, sepertinya hanya meluncurkan model dengan harga terjangkau, dan sama sekali berbeda.

Untuk diketahui, seperti halnya Suzuki, Honda juga berencana untuk membangun pabrik baterai lithium-ion di India.