Sukses

Trik Bikin Pendinginan Suhu Kabin Mobil Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Beragam kaca mobil hadir di Indonesia. Namun tak sedikit yang meyakini bahwa fungsi kaca film hanya sekadar menjaga privasi, sehingga orang tak melihat ke dalam kabin.

Tapi, menurut Direktur PT Maxpro Adi Perkasa, Andre Susanto kaca film punya fungsi lebih dari itu. Sebab, kaca film ternyata bisa membuat suhu kabin lebih cepat sejuk. Ini tak lain kemampuannya yang bisa mereduksi masuknya sinar matahari.

‎"Ini ada kaitannya dengan penggunaan AC, secara indirect. Dengan kabin yang lebih sejuk, kita akan set dengan angka suhu yang normal," ujar Andre, saat ditemui wartawan di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (8/12) malam.

Kondisi ini secara otomatis akan membuat kerja kompresor AC lebih ringan. "‎Ketika kabin sudah terjaga suhunya maka kompressor AC tidak perlu bekerja keras. Tapi ketika (kabin terus menerus panas), maka kompresor bekerja terus," tambah dia.

Praktis, kerja kompressor AC yang lebih keras untuk menciptakan suhu yang dingin tentu saja berdampak pada konsumsi BBM. 

"Itu yang bikin kaca film bagus jadi hemat bahan bakar. Korelasinya lebih ke arah situ. Bukan hanya dengan pasang kaca film jadi langsung lebih irit," ungkapnya.