Sukses

Kapan Lahirnya Isuzu Panther Anyar?

Liputan6.com, Jakarta - Isuzu Panther telah menjadi bagian dari sejarah perkembangan industri otomotif Indonesia. Kendaraan penumpang bermesin Diesel tersebut telah lama hadir di pasar nasional namun jarang mengalami penyegaran signifikan.

Mengenai hal ini, CEO Astra Isuzu (main dealer Isuzu) Joen Boediputra mengakui, pihaknya tengah menyusun rencana untuk menghadirkan multi purpose vehicle (MPV) baru. Dirinya mengindikasikan model anyar ini sekelas dengan Panther.

"Kami memang lagi develop MPV baru yang diharapkan dalam waktu dekat bisa di-launching. Mungkin Panther atau namanya apa kami tidak ngerti," terangnya saat ditemui di Gedung Astra Isuzu, Sunter, Jakarta, Rabu (7/12).

Menurut Joen, Panther merupakan Panther Isuzu milik Astra. Model ini hanya ada di Indonesia, diproduksi di dalam negeri dan justru diekspor. Namun jika ingin jangkauan pemasaran lebih luas maka Isuzu Indonesia harus rela Panther berada di bawah kendali prinsipal.

"Kalau kita mau investasi untuk mengembangkan MPV lagi tentunya sangat besar sehingga kita mesti gabung. Artinya pasarnya nanti bukan hanya Indonesia tapi lebih luas. Jadi mau tidak mau ini diambil alih oleh prinsipal," katanya.

Ia juga belum bisa memastikan apakah nantinya Panther anyar diproduksi di dalam negeri seperti yang saat ini dilakukan.

"Saya tidak tahu apakah nanti dikerjainnya di Thailand atau di mana, karena LCV (light commercial vehicle) Isuzu base-nya di Thailand sementara CV (commercial vehicle) di Jepang walaupun ada beberapa model CV yang kami produksi di Karawang," pungkasnya.