Sukses

Restorasi Mesin Vespa, Siapkan Kocek Rp 7 Juta

Di bengkel Scooter99, biaya yang diperlukan untuk merestorasi mesin sekira Rp 7 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Vespa adalah kendaraan roda dua yang ikonik dan tidak lekang oleh waktu. Oleh karena itu meski mungkin usia unitnya sudah puluhan tahun, namun masih ada saja yang menggunakannya.

Karena itu pula masih banyak bengkel Vespa yang `bertebaran` hingga hari ini. Selain servis biasa, ada pula beberapa bengkel yang melayani restorasi mesin, dalam arti menghidupkan kembali mesin yang sudah mati.

Salah satu bengkel yang memberikan layanan itu adalah Scooter99, yang terletak di Jl H Buang No 16, Kec. Pesanggrahan, Jakarta. Lantas, berapa biayanya?

"Untuk restorasi mesin, biayanya sampai turun semua, kita ganti part-nya yang standar itu Rp 7 juta," ujar Aris Arrohman, Manager Operational Scooter99 kepada Liputan6.com, beberapa hari yang lalu.

Dengan catatan, biaya tersebut adalah untuk merestorasi mesin seperti aslinya, dengan kata lain mesin standar. Sementara untuk menambah kencang mesin atau menjadikannya racing, biayanya bisa lebih mahal.

"Kalau mau yang racing kembali ke konsumen. Mau part merek apa? Misalnya Polini (merek blok seher). Soal biaya jelas lebih tinggi," tambah Aris. Konsumen yang ingin memperbaiki mesinnya diharuskan memberikan uang muka dulu 50 persen.

Untuk mengerjakan proyek ini, bengkel Scooter99 memerlukan waktu yang tidak terlalu lama. "Kalau mesin sih, termasuk cepat, 10 hari jadi," tutup Aris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini