Sukses

Ritual 'Buang Angin' Sebelum Isi Udara Ban, Apa Maksudnya?

Liputan6.com, Jakarta - Ban yang tekanan anginnya kurang ditandai dengan gejala sedikit limbung dan ngebuang. Jika sudah begini, pemilik kendaraan mesti segera mengisi udara dengan tekanan ideal sesuai rekomendasi.

Namun, Anda yang berniat mengisi udara sebaiknya tidak langsung langsung mencolok selang pompa angin ke pentil ban. Alangkah baiknya, lakukan ritual buang angin sebelum memompa ban.

Ritual buang angin penting dilakukan terutama bagi ban yang menggunakan cairan anti bocor atau tidak menggunakan tutup pentil. Cairan anti bocor yang menyebar ke seluruh bagian ban termasuk ke celah pentil berpotensi membuat bagian ini mampet.

Kondisi serupa bisa terjadi pada pentil tanpa tutup yang celahnya bisa kemasukan debu ataupun cipratan air. Jika dibiarkan, pentil yang mampet akan rusak tidak bisa lagi untuk mengisi udara ke dalam ban.

Udara yang bisa keluar menandai katup pentil tidak mampet oleh kotoran ataupun sisa air. Anda tinggal mengisi udara sesuai kebutuhan dan pentil pun siap untuk dicolok selang pompa tanpa kendala.