Sukses

Mesin Baru Bikin 'Auman' Jaguar Lebih Lantang

Liputan6.com, London - Jaguar-Land Rover semakin memperkaya pilihan jantung mekanis dengan mengembangkan mesin baru enam silinder segaris menggantikan V6. Mesin tersebut memanfaatkan desain modular Ingenium yang terdapat pada empat silinder 2,0 liter.

Dilansir Leftlanenews, mesin berkapasitas 3,0 liter ini akan hadir dalam tiga pilihan output untuk versi bensin, mulai dari 300 sampai 500 Tk. Sementara itu, versi Diesel akan memproduksi daya mulai dari 275 hingga 400 Tk.

Mesin baru ini lebih bertenaga dengan teknologi direct-injection serta sokongan turbocharged. Tidak hanya memiliki performa yang kompetitif, konsumsi BBM pada mesin I-6 dirancang lebih efisien serta minim emisi.

Lebih lanjut, desain Ingenium cukup fleksibel untuk mengakomodasi line up Jaguar berpenggerak roda belakang serta SUV ciptaan Land Rover. Model yang siap dibenamkan mesin I-6 antara lain Jaguar XE, XF, XJ dan F-Pace, sementara Land Rover menyiapkan Range Rover dan Discovery terbaru.

Edisi pertama mesin dijadwalkan terpakai pada akhir tahun depan dalam tenaga 300 Tk. Namun demikian, tidak dijelaskan model apakah yang menggunakan mesin itu.

Sementara itu menurut laporan Motorauthority, JLR tetap mempertahankan mesin V8 untuk line up performa tinggi. Pabrikan asal Inggris tersebut mempersiapkan F-Pace SVR sebagai model yang ditenagai mesin delapan silinder.

Loading