Sukses

Begini Cara Membersihkan Panel Krom Setelah Kehujanan

Kondisi cuaca yang sering turun hujan seperti saat sekarang ini perlu lebih telaten saat membersihkan lapisan krom.

Liputan6.com, Jakarta - Merawat panel yang telah dilapisi oleh krom tidak bisa asal-asalan. Terlebih, dalam kondisi cuaca yang sering turun hujan seperti saat sekarang ini perlu lebih telaten saat membersihkan lapisan krom. 

Yanto Her selaku pemilik bengkel krom Cahaya Mutiara 2 menjelaskan prosesi membersihkan lapisan krom. Ada cara khusus yang bertujuan agar tidak menyebabkan goresan di permukaannya.

"Kalau kena air hujan disemprot dulu sampai rontok pasirnya. Untuk membuang sisa pasir di sela-selanya itu dibersihkan pakai kuas," tutur Yanto pada Liputan6.com.

Yanto tidak menganjurkan untuk langsung menyeka kotoran menggunakan spons. Cara ini bisa membuat lapisan krom tergores sisa tanah yang menempel di spons.

Lebih lanjut, Yanto menyebut bila ketahanan lapisan krom pada umumnya mencapai 4-5 tahun. Namun, itu semua tergantung perawatan dari pemilik. Bila sudah tergores, mustahil untuk disamarkan seperti pada bagian bodi.

"Krom nggak bisa (dihilangkan atau disamarkan) kalau tergores. Mau nggak mau, harus di krom ulang," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini