Sukses

Ingin Krom Komponen Motor? Ini Pilihan Harga dan Warnanya

Perbedaan harga dipengaruhi bahan baku dan tingkat kesulitan pengerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Krom jadi pilihan sebagian pemilik roda dua yang ingin tunggangannya tampil glossy. Untuk pewarnaan krom sendiri juga terbagi ke dalam beberapa pilihan.

Dijelaskan Yanto Her, pemilik bengkel krom Cahaya Mutiara 2, jasa yang tersedia di tempatnya meliputi krom biasa hard chrome, black chrome, dan gold plate. Masing-masing memiliki harga yang berbeda mengingat bahan baku dan tingkat kesulitan dalam tahapan proses pengerjaan.

"Kalau krom biasa paling murah Rp 75 ribu untuk arm atau behel.Yang paling mahal itu bak mesin, satu set bisa sampai Rp 1,2 juta," jelas pria dengan sapaan Yanto ini pada Liputan6.com.

Berbeda dengan krom biasa, jasa pengerjaan hard chrome di bengkel yang berlokasi di Jl. Raya Bekasi Timur No.163, Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur mencapai empat kali lipatnya. Ini disebabkan kualitas krom yang diperuntukkan pada komponen yang bekerja berat.

"Hard chrome untuk barang yang kerja keras dan sifatnya hidrolik seperti as shock breaker atau power steering. Dia perbedaannya kalau krom biasa pecah kalau ada beban, sementara di hard chrome enggak," ungkapnya.

Adapun harga pengecatan krom yang paling mahal untuk gold plate dan black chrome. Yanto menyebut ongkosnya mencapai lima kali lipat dari chrome biasa.

"Black chrome untuk moge sama velg mobil. Bahan baku yang kami pakai tidak sembarangan. Untuk gold plate, bahan lapisannya pakai emas muda (18 karat) yang dilebur," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini