Sukses

Mau Cat Ulang Avanza? Ini Biayanya

Liputan6.com, Depok - Toyota Avanza adalah mobil terlaris yang masih dijual hingga saat ini. Total penjualannya bahkan telah melebihi 1,3 juta unit sejak diproduksi pertama kali pada 2003 lalu.

Mengingat mobil ini telah cukup lama di pasaran, maka tak heran jika penggunanya kerap melakukan pengecatan ulang mobil ini, dengan tujuan agar tampilan kendaraan tetap maksimal sehingga harga jual kembalinya pun tetap tinggi.

Lantas, berapakah biaya yang dibutuhkan untuk mengecat ulang mobil ini? Di  Rafet Auto, bengkel cat mobil yang terletak di Jalan Raya Bogor Km. 35 No. 37, biaya yang harus dikeluarkan konsumen sebesar Rp 7,5 juta.

"Di Rafet Auto, karena Avanza adalah MPV, biaya pengecatan ulang bisa Rp 7,5 juta. Harga terendah karena usia mobil masih muda," ujar Erwin Santoso, pengelola Rafet Auto kepada Liputan6.com, beberapa hari yang lalu.

Harga tersebut sudah termasuk perbaikan seandainya bodi mobil sudah ada yang penyok. Untuk waktu pengerjaan, Erwin mematok angka 14 hingga 20 hari kerja.

"Itu tergantung kondisi mobil sama konsep dari konsumen. Dengan catatan, mobil bukan hasil tabrakan," ujar pria yang telah menggeluti dunia pengecatan mobil sejak tiga tahun lalu ini.

Erwin menambahkan, biasanya pemilik Avanza memilih warna cat yang sama dengan yang lama. "Pemilik Avanza biasanya ingin 'back to original.' Ada yang memang cat ulang karena ingin dijual agar harganya tetap tinggi," imbuh Erwin.