Sukses

Apa Merek Mobil Jepang yang Paling Bernilai?

Toyota Motor dianugerahi sebagai merek asal Jepang yang paling bernilai 2016.

Liputan6.com, Tokyo - Toyota Motor dianugerahi sebagai merek asal Jepang yang paling bernilai 2016. Penghargaan yang diberikan oleh perusahaan konsultan asal Amerika Serikat (AS), Interbrand.

Melansir Asia Nikkei, Kamis (18/2/2016), Interbrand mengatakan Toyota berhasil memberikan dampak yang signifikan ke konsumen, serta pendapatan yang besar. Penghargaan ini sendiri telah mereka dapatkan delapan tahun berturut-turut.

Sementara itu, agar suatu produk dapat masuk ke daftar ini, mereka harus memenuhi sejumlah persyaratan, yaitu berbasis di Jepang, memberikan informasi lengkap keuangannya, serta melakukan ekspor setidaknya 30 persen dari total produksi.

Dari laporan itu, diketahui nilai Toyota mencapai angka US$ 49,04 miliar, naik 16 persen dibanding tahun sebelumnya. Di posisi kedua, ada Honda Motor yang memiliki nilai sebesar US$ 22,97 miliar, naik 6 persen dibanding 2014.

Salah satu pabrikan otomotif lain yang masuk ke dalam daftar adalah Mazda Motor. Mereka berhasil menempati posisi 13. Strategi mereka yang fokus pada nilai jual kendaraan dianggap sukses besar.

Total, ada 11 merek mobil yang ada di daftar yang jumlahnya mencapai 40 itu.

Yukihiro Wada, kepala Interbrand seksi Jepang, mengatakan ini adalah bukti keberhasilan industri otomotif Jepang di luar negeri. "Merek yang mengembangkan manajemen bergaya Jepang dan diterapkan di luar negeri bertumbuh," ujarnya.

Oktober lalu, Toyota menjadi pabrikan mobil yang paling top, dengan menempati posisi ke-6 di penghargaan Top 100 Brands yang juga dikeluarkan Interbrand. Pada daftar itu, Toyota berhasil mengungguli pabrikan mobil mewah BMW dan Mercedes-Benz yang masing-masing menempati posisi 11 dan 12.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini