Sukses

Taksi di Jepang Bakal Dikemudikan Robot

taksi kemudi otomatis akan mulai beroperasi di jalan umum pada awal tahun depan.

Liputan6.com, Tokyo - Pengembangan mobil kemudi otomatis atau autonomous kini mulai mengarah ke kendaraan komersial. Di Jepang contohnya, manusia tidak lagi akan mengemudikan taksi di masa depan.

Adalah Robot Taxi, kendaraan hasil pengembangan dari joint venture DeNA Co yang merupakan perusahaan pembuat video game serta ZMP Inc selaku pengembang teknologi mengemudi otomatis. Diwartakan Japan Times yang dilansir dari Autoevolution, (7/10/2015), perusahaan mengundang warga untuk mencoba taksi kemudi otomatis yang akan mulai beroperasi di jalan umum pada awal tahun depan.

Mobil-mobil dengan kemudi otomatis akan membawa 50 orang warga dari Fujisawa, prefektur Kanagawa untuk mencoba dalam jarak dekat. Adapun wilayah ini ditetapkan sebagai lokasi National Strategic Special Zone. Uji coba ini merupakan bagian dari proyek besar Jepang yang ingin menyediakan layanan taksi dengan kemudi otomatis untuk kegiatan Olimpiade.

"Kali ini, percobaan Robot Taxi akan dilakukan di jalan-jalan kota yang sebenarnya. Saya pikir, ini sangat menakjubkan, ujar Yuji Kuroiwa, Gubernur Prefektur Kanagawa.

Sebelumnya, Pemerintah Prefektur Kanagawa telah melakukan percobaan dengan mobil kemudi otomatis di jalan bebas hambatan. Sementara itu, uji coba di jalan umum dengan mengangkut warga menjadi yang pertama kali dilakukan.

Ke depannya, perusahaan pengembang kendaraan berencana untuk melakukan dua uji coba lagi untuk mengetahui kemampuan kendaraan otonom saat terjadi bencana alam.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini