Sukses

Mengenal La Poderosa, Motor Legendaris Che Guevara

Norton 500 cc lansiran tahun 1939 diberi nama oleh Che Guevara dengan sebutan La Poderosa II yang artinya 'Si Perkasa'.

Liputan6.com, Alta Gracaia - Wajah Che Guevara biasanya dengan mudah ditemui di kaos-kaos oblong. Tetapi, selain wajahnya, sedikit yang mengetahui bagaimana sepak terjang sahabat Fidel Castro kelahiran Argentina pada 1928 ini.

Selain bersama Castro membebaskan negara Kuba dari rezim otoriter Batista, salah satu cerita yang paling diingat tentang Che adalah perjalanannya mengelilingi Amerika Latin.

Perjalanan monumental dari Januari hingga Juli 1952 ini dicatat dengan baik dalam catatan harian Che. Bahkan, perjalanan tersebut kemudian difilmkan dengan judul The Motorcycle Diaries pada 2004 lalu.

Ya, sebagaimana nama filmnya, perjalanan tersebut memang dilalui Che bersama sahabatnya, Alberto Granado, dengan motor gede, tepatnya motor Norton 500 cc lansiran tahun 1939.

Motor Che Guevara

Norton 500 cc lansiran 1939 ini diberi julukan oleh Che dengan La Poderosa II yang artinya 'Si Perkasa'. Bukan tanpa alasan, motor ini dari segi tampilan memang terkesan cukup kuat.

Mengutip Yesterdays Antique Motorcycles pada Selasa (21/4/2015), mesin 16 H dengan dimensi 79x100 mm. Motor ini diproduksi dan terus diperbarui tidak kurang dari 45 tahun lamanya.

Secara umum, motor ini mewakili aspek keandalan, daya tahan dan kekuatan. Tak heran Che mempercayakan motor ini untuk menemaninya menjelajahi Chile, Peru, hingga Venezuela dengan total perjalanan 12,8 ribu km.

Saat ini, motor gede La Poderosa ini masih apik dirawat di Museo Del Che Guevara di Alta Gracaia, Argentina.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.