Sukses

Mau Motor Cepat Bersih? Coba Pakai Sabun Cuci Piring

Liputan6.com, Jakarta - Musim penghujan telah tiba. Kondisi jalan pun kerap becek dan berlumpur setelah turun hujan. Tentu, dengan jalan yang becek membuat tunggangan kotor terkena cipratan.

Bahkan, sebaiknya malah harus sering dicuci karena cipratan becek yang mengandung lumpur yang menumpuk dapat berubah menjadi kerak dan karat jika tidak segera dibersihkan.

Akibatnya, kerak yang menempel di bagian roda membuat laju sepeda motor jadi tersendat. Agar tetap bersih, tunggangan kesayangan pun harus rutin dibersihkan selama musim hujan.

Bagi sebagian biker yang menginginkan agar sepeda motornya tetap kinclong, mereka akan menggunakan shampo khusus sepeda motor. Sayangnya, shampo motor tidak dijual di setiap tempat dan harganya yang juga sedikit mahal.

Trik hemat agar sepeda motor tetap kinclong namun tidak menguras kantong adalah menggunakan sabun pencuci piring.

Sabun jenis ini yang telah dikenal mampu membersihkan sisa lemak pada piring tentu dapat dengan mudahnya mengangkat cipratan lumpur berikut sisa minyak maupun pelumas yang menempel selain itu juga banyak tersedia di warung-warung terdekat.

Menggunakan sabun pencuci piring juga tidak menyisakan noda putih seperti ketika menggunakan sabun colek. Hasilnya, menggunakan sabun pencuci piring dinilai efektif karena mencuci motor jadi lebih cepat.

Cara mencuci motor dengan memanfaatkan sabun cuci piring pun cukup mudah. Anda cukup melarutkan masing-masing 2 sendok makan sabun cuci piring ke dalam satu liter air ke dua wadah berbeda.

Larutan air sabun sengaja dibuat terpisah, agar kotoran sisa dari kaki-kaki dan kolong tidak bercampur serta menggores bodi.

Bersihkan terlebih dahulu bagian bawah motor berikut kaki kaki menggunakan air sabun tersebut. Bagian ini sebaiknya didahulukan karena paling sering terkena kotoran baik cipratan lumpur maupun sisa-sisa minyak pelumas. Pada kotoran yang sulit dibersihkan, Anda dapat menggunakan sikat.

Kemudian, setelah membersihkan bagian bawah motor dan kaki-kaki, Anda dapat melanjutkan dengan menyabuni seluruh bagian bodi sepeda motor secara merata. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan lap.

Loading