Sukses

Seri i Jadi Debut Mobil Hidrogen BMW

Liputan6.com, Jakarta Tak mau ketinggalan dengan Toyota dan Honda yang telah memiliki produk mobil hidrogen, pabrikan beda benua, BMW, dilaporkan tengah kembali melakukan pengujian untuk kendaraan berbahan bakar alternatif itu.

Dilansir dari Indianautosblog, Senin (22/12/2014), BMW saat ini tengah mengembangkan sebuah mobil purwarupa dengan teknologi hidrogen. Dikatakan, mobil ini bakal mengisi model yang rencananya bakal diposisikan berada di antara seri i3 dan i8.

Memang, membuat produk tunggal berupa mobil hidrogen saja tidaklah cukup. BMW pun harus konsisten untuk turut membangun jaringan pengisian hidrogen untuk kendaraan tersebut.

Sejauh ini, Toyota dan Honda tercatat sebagai pabrikan yang telah memiliki mobil berbahan hidrogen. Hanya saja, baru Toyota yang telah resmi menjualnya ke sejumlah pasar dengan nama Mirai.

Adapun, Toyota Mirai hadir sebagai sedan empat pintu dengan lekuk bodi yang agresif dan elegan. Dengan kondisi tangki hidrogen dalam kondisi penuh, Toyota Mirai diklaim mampu dibawa berkendara sejauh 483 km. Sementara untuk mengisi tangkinya, hanya memerlukan tak lebih dari 5 menit.

Menyoal harga, mobil ini dibanderol sekira US$ 60.300. Tak cuma fokus jualan, Toyota bekerjasama dengan Air Liquide juga berencana membangun infrastruktur stasiun pengisian hidrogen di lima negara bagian. 12 di antaranya akan berada di New York, New Jersey, Massachusetts, Connecticut, dan Rhode Island.