Sukses

Melongok Catatan Industri Mobil Inggris

Inggris terakhir mencatatkan produksi 1 juta unit kendaraan pada tahun 2008 lalu.

Liputan6.com, London - Di Tanah Air, mobil-mobil pabrikan Inggris mungkin tak begitu familiar dikenal. Meskipun begitu, geliat industri otomotif di negeri Ratu Elizabeth itu tetap mampu menunjukkan taringnya. Di 2014, angka produksi 1 juta unit kendaraan pun tembus dalam sembilan bulan.

Melansir laman Motoringresearch, Jumat (24/10/2014), selama bulan September saja, industri otomotif Inggris berhasil mencatatkan angka produksi kendaraan sebanyak 137.068 unit. Padahal, jumlah produksi bulan lalu menurun sebanyak 2,8 persen dibanding bulan Agustus.

Sementara itu, pada periode yang sama angka ekspor kendaraan dari Inggris ternyata ikut menurun sebesar 8,1 persen. Meskipun sempat menurun, jumlah produksi untuk pasar Inggris sendiri tumbuh secara signifikan yakni sebesar 17,7 persen.

Menurunnya jumlah produksi pada bulan September ditengarai karena adanya penyegaran model-model kendaraan sementara model yang sebelumnya sudah tidak lagi diproduksi. Salah satu contohnya yakni Land Rover yang melahirkan model Discovery Sport pada tahun depan.

Jumlah produksi di bulan September rupanya menggenapkan angka produksi kendaraan di Inggris mencapai 1 juta unit. Angka ini memecahkan rekor produksi dan menjadi angka tertinggi selama enam tahun terakhir.

Terakhir kali industri kendaraan di Inggris mencatatkan rekor produksi terbaik terjadi pada tahun 2008 lalu. Hal ini tentu membuktikan jika Inggris juga memiliki industri otomotif yang disegani di Eropa. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.