Sukses

Produksi Motor Yamaha Indonesia Tembus 30 Juta Unit

Liputan6.com, Jakarta Setelah berkiprah puluhan tahun, Yamaha Indonesia sukses memproduksi sepeda motor sebanyak 30 juta unit. Perolehan tersebut dicatat oleh pabrikan berlogo garpu tala tersebut sejak awal berdirinya tahun 1974 hingga Juni 2014.

Perseroan turut memaparkan, jika melihat dari lima tahun belakangan, atau 2010 hingga Juni 2014, motor di segmen matik menjadi penyumbang penjualan terbesar, yakni 52,6 persen, diikuti bebek 32,5 persen dan 14,6 persen untuk model sport.

Memang, di pasar nasional, nama Yamaha bisa dibilang semakin meroket sejak menetaskan model Mio. Yamaha menjelaskan, jika kehadiran Mio sukses merubah pasar dalam negeri.

Sejak diluncurkan pada 2003 lalu hingga kini, produksi Yamaha Mio telah mencapai delapan juta unit. Tak hanya bertumpu pada Mio, pabrikan pun memperkuat portofolio produk matiknya dengan melepas model Xeon, Mio Fino, Mio J, Soul GT, Mio GT, X-Ride dan GT125.

Di segmen bebek, Yamaha Indonesia mengandalkan model Jupiter yang sepanjang Januari hingga Mei tahun ini telah terjual sebanyak 90.705 unit. Kemudian untuk memperkuat posisinya di segmen motor bebek, pabrikan asal Jepang itu juga merilis Force, sebuah motor bebek modern yang diperkuat dengan teknologi injeksi.

Di samping motor matik dan bebek, Yamaha Indonesia berhasil mencuri perhatian kala menetaskan produk yang menyasar segmen sport. Tahun ini, perusahaan memiliki dua jagoan, yakni R15 dan R25, yang menjadi tumpuan untuk menghadapi ketatnya persaingan.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Yamaha Indonesia berhasil membukukan penjualan R15 sebanyak 5.394 pada Mei.

Sementara itu, Yamaha V-Ixion masih menjadi backbone penjualan pabrikan di segmen motor sport. Sejak debut pada 2007 hingga Mei 2004, motor itu telah terjual sebanyak 1,7 juta unit.

Rem Blong, Truk Molen Terguling di Bekasi
Loading