Sukses

Beberapa Trik Ini Bisa Membuat Anda Menyenangi Pekerjaan Digeluti

Proses menjalin pertemanan di tempat kerja bisa jadi tidak sesederhana menjalin pertemanan dalam kehidupan pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Psikoterapis, penulis, pembawa acara podcast, dan pembicara terkenal, Esther Perel, memiliki satu pesan utama yang ia harapkan dapat dikomunikasikan melalui karyanya: “Kualitas hubungan Anda menentukan kualitas hidup Anda.” Hal ini tidak hanya berlaku untuk kehidupan pribadi, tetapi juga kehidupan profesional Anda.

“Anda bisa saja melakukan pekerjaan yang hebat, bekerja di perusahaan yang bagus, tetapi jika bekerja dengan orang-orang yang membuat terjaga di malam hari dan membuat merasa sengsara dan tertekan, berapapun jumlah gaji, berapapun jumlah makanan gratis, berapapun jumlah tempat olahraga yang disediakan, tidak akan bisa menebusnya,” ujar Perel pada Culture First Global Conference di bulan Mei sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Senin (1/7/2024).

Klaim Perel didukung jajak pendapat Gallup tahun 2022 dimana orang yang memiliki sahabat di tempat kerja dua kali lebih mungkin mengatakan bahwa mereka puas dengan pekerjaannya. 

“Sebagian besar, seseorang menyukai pekerjaannya karena ia mencintai orang-orang yang bekerja dengannya dan merasa dicintai oleh mereka,” ujar Perel.

Proses menjalin pertemanan di tempat kerja bisa jadi tidak sesederhana menjalin pertemanan dalam kehidupan pribadi. Kantor biasanya kaku dan lebih banyak topik percakapan yang dianggap tabu.

Namun, Anda bisa menjalin ikatan yang berarti di tempat kerja jika melakukan upaya yang konsisten untuk berinteraksi dengan rekan kerja. Berikut tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk memulainya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Menghubungi Rekan Kerja Begitu Diterima Bekerja

1. Menghubungi Rekan Kerja Begitu Diterima Bekerja

Menjadi orang baru di kantor merupakan dalih yang tepat untuk menjangkau rekan kerja. “Ketika Anda pertama kali diterima kerja, itulah saat yang tepat untuk menjangkau mereka,” kata kata pakar karier di ResumeBuilder.com, Stacie Haller.

Hal-hal seperti memperkenalkan diri kepada anggota tim Anda, menghubungi, menelepon, mengadakan rapat tim sehingga semua orang bisa saling mengenal adalah cara-cara yang tepat untuk mulai membentuk koneksi.

2. Menjadi sukarelawan di tempat kerja

Acara kerja bisa terlihat sedikit seperti kesenangan yang dipaksakan, namun acara-acara ini memberikan kesempatan yang mudah untuk terlibat dalam percakapan di luar lingkungan kantor.

Jika tempat kerja Anda tidak memprioritaskan perencanaan acara untuk karyawan, tawarkan diri Anda untuk membuat acara sendiri.

“Bahkan dalam menyusun agenda, Anda harus berkolaborasi dan terhubung dengan anggota tim yang mungkin sebelumnya tidak dimiliki,” kata Pelatih karier dan pendiri serta CEO C-Suite Coach Angelina Darrisaw.

 

3 dari 3 halaman

3. Bersikap Konsisten

Anda tidak bisa mengharapkan satu percakapan atau satu waktu yang menyenangkan akan membuat Anda mendapatkan teman seumur hidup. Anda harus menjangkau dan muncul berulang kali untuk mendapatkan kepercayaan mereka. 

 “Anda tidak bisa hanya menelepon seseorang dan bersikap ramah serta memperkenalkan diri, lalu tidak menelepon mereka selama tiga bulan.” ujar Haller. 

Jika Anda secara rutin terbuka dan selalu ada, maka kemungkinan besar persahabatan akan terjalin dan, pada akhirnya, Anda akan lebih bahagia dalam bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini