Sukses

Kurang Tidur Bikin Merasa Lebih Tua, Temuan Baru Ungkap Hubungan Antara Tidur dan Persepsi Usia

Kurang tidur dapat membuat seseorang merasa lima hingga sepuluh tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

Liputan6.com, Jakarta Dua penelitian baru menyoroti hubungan antara kurang tidur dan persepsi seseorang terhadap usia mereka. Menurut penelitian yang dipimpin oleh Leonie Balter dari Stockholm University, kurang tidur dapat membuat seseorang merasa lima hingga sepuluh tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

"Tidur memainkan peran penting dalam bagaimana seseorang merasa tua," kata Leonie Balter, seorang peneliti tidur di Stockholm University di Swedia dan penulis utama dari kedua studi tersebut, dalam sebuah email melansir CNN ditulis Selasa (26/03/2024)

Balter menjelaskan bahwa kurang tidur menyebabkan rasa kantuk, yang merupakan kondisi motivasi penting yang membuat kita memprioritaskan tidur dan mengurangi tingkat energi.

Kurangnya energi dan motivasi ini dapat berkontribusi pada perasaan lebih tua, serta mengurangi keterlibatan fisik dan sosial seseorang, yang keduanya merupakan faktor penting dalam merasa awet muda.

Masalah kesehatan dan mobilitas mungkin juga berkontribusi pada perasaan geriatri sebelum waktunya, tetapi ketika berbicara tentang tidur, tertidur merupakan faktor penting dalam menganggap diri sendiri sebagai orang tua, menurut penelitian yang diterbitkan Selasa di Proceedings of the Royal Society B.

Seorang peneliti tidur Dr. Chang-Ho Yun yang merupakan profesor neurologi di Seoul National University di Seongnam, Korea Selatan, mengatakan bahwa usia dapat dipahami dalam berbagai dimensi yaitu kronologis, biologis, dan subjektif

"Secara keseluruhan, temuan ini menggarisbawahi pentingnya tidur yang cukup dalam mempertahankan usia subjektif yang awet muda, yang berpotensi bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik," kata Yun dalam sebuah jawaban atas sebuah pertanyaan.

Para ilmuwan percaya bahwa merasa muda itu bermanfaat. Penelitian telah mengaitkannya dengan usia yang lebih panjang, risiko demensia yang lebih rendah, depresi yang lebih rendah, dan kualitas yang lebih positif seperti optimisme, harapan, dan ketangguhan, serta kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

Faktanya, mereka yang merasa lebih muda dari usianya cenderung memiliki otak yang sama. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juni 2018 menemukan bahwa orang yang lebih tua yang merasa dirinya lebih muda memiliki lebih banyak materi abu-abu di otak mereka dan berkinerja lebih baik pada tes usia otak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Studi Tentang Hubungan Tidur dan Persepsi Usia

Balter dan rekan-rekannya melakukan dua penelitian. Salah satunya menilai seberapa baik 429 orang berusia 18 hingga 70 tahun tidur di rumah mereka sendiri selama bulan sebelumnya.

Orang-orang melaporkan merasa sekitar seperempat tahun lebih tua dari usia kronologis mereka setelah setiap malam kurang tidur selama waktu tersebut.

"Perubahan suasana hati dan perasaan lelah juga berkontribusi pada perasaan subjektif tentang penuaan," lanjut Yun. "Perubahan-perubahan ini adalah manifestasi khas dari kurang tidur dan dapat memperburuk rasa kantuk dan persepsi usia yang lebih tua."

Jika orang tersebut telah tidur nyenyak selama sebulan, mereka akan merasa rata-rata enam tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Kurang tidur yang serius

Penelitian kedua melibatkan 186 orang yang sama untuk tidur di laboratorium selama dua malam, memastikan mereka tidak tidur lebih dari empat jam setiap malam.

Kurang tidur secara signifikan meningkatkan persepsi orang tentang penuaan, menyebabkan mereka merasa sekitar 4½ tahun lebih tua dari usia mereka yang sebenarnya.

Seberapa cepat orang dapat pulih dari kurang tidur dan merasa lebih muda?

"Jawaban dari pertanyaan tersebut masih belum pasti. "Data kami menunjukkan bahwa hal itu dapat terjadi dengan cepat," tambah Balter.

"Apa pun yang mengurangi rasa lelah mungkin memiliki efek langsung pada usia yang dirasakan. Namun, untuk efek yang lebih besar dan berjangka panjang, diperlukan tidur yang cukup."

Pada uji coba kedua, rasa kantuk dilacak, dan setiap peningkatan satu unit pada skala pengukuran menambah 1,23 tahun pada penilaian penuaan seseorang.

Jenis kelamin tidak penting, tetapi kronotipe tidur berpengaruh; mereka yang senang bangun pagi, yang dikenal sebagai early birds, merasakan pengaruhnya lebih intens.

Early birds mengklasifikasikan diri mereka lebih dari lima tahun lebih tua dari tipe malam, yang sering dikenal sebagai burung hantu malam, dan empat tahun lebih tua dari tipe moderat, yang memiliki jam tubuh yang tidak termasuk ke dalam salah satu dari kedua ekstrem tersebut. Ketika burung-burung pagi tidur hingga sembilan jam setiap malam, mereka merasa jauh lebih muda.

Jadi, apakah burung yang bangun pagi membutuhkan lebih banyak tidur daripada burung hantu malam?

"Temuan ini mendukung bahwa tidur, sebuah fenomena biologis yang penting, mungkin memegang kunci untuk merasa awet muda," kata Balter dan rekan-rekannya yang berkontribusi dalam penelitian ini.

Yun menekankan perlunya tidur yang cukup untuk meningkatkan kesehatan secara umum.

"Jika Anda menduga bahwa kurang tidur Anda disebabkan oleh gangguan tidur seperti insomnia atau sleep apnea, sangat penting untuk mencari evaluasi dan perawatan dari profesional kesehatan," katanya.

"Ingatlah, tidur yang nyenyak dapat membantu Anda hidup lebih lama."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini