Sukses

Apakah Pasangan Menikah Lebih Bahagia Daripada yang Single? Ini Jawabannya

Dari tahun 2009 hingga 2023, lebih dari 2,5 juta orang dewasa di Amerika Serikat ditanyai bagaimana mereka menilai kehidupan saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan yang lebih bahagia setelah menikah mungkin tidak hanya ada dalam dongeng. Hal ini juga terungkap dalam data survei.

Orang dewasa yang sudah menikah dilaporkan jauh lebih bahagia dibandingkan mereka yang berada dalam status hubungan lainnya. Hal ini terkuak dari sebuah jajak pendapat Gallup.

"Dengan cara apa pun Anda menganalisis data tersebut, kami melihat keuntungan yang cukup besar dan penting dari menikah dalam hal bagaimana orang mengevaluasi kehidupan mereka," kata penulis jajak pendapat Jonathan Rothwell sekaligus Eonom Utama di Gallup, melansir laman CNN, Kamis (15/2/2024).

Dari tahun 2009 hingga 2023, lebih dari 2,5 juta orang dewasa di Amerika Serikat ditanyakan bagaimana mereka menilai kehidupan saat ini.

Dengan nilai nol sebagai nilai terburuk dan 10 sebagai nilai tertinggi. Kemudian para peneliti bertanya kepada responden tentang tingkat kebahagiaan mereka dalam lima tahun mendatang.

"Untuk dianggap berkembang, seseorang harus memberi nilai tujuh atau lebih tinggi pada kehidupan mereka saat ini dan masa depan mereka yang diantisipasi sebagai delapan atau lebih tinggi," menurut survei tersebut.

Selama periode survei, orang-orang yang sudah menikah secara konsisten melaporkan tingkat kebahagiaan mereka lebih tinggi daripada rekan-rekan mereka yang belum menikah, mulai dari 12% hingga 24% lebih tinggi tergantung pada tahun, menurut data.

Kesenjangan itu tetap ada bahkan ketika para peneliti menyesuaikan faktor-faktor seperti usia, ras, etnis, jenis kelamin, dan pendidikan, kata survei tersebut.

Pendidikan adalah prediktor kuat kebahagiaan, tetapi data menunjukkan bahwa orang dewasa yang sudah menikah dan tidak bersekolah di sekolah menengah mengevaluasi kehidupan mereka lebih baik daripada orang dewasa yang belum menikah dan memiliki gelar sarjana.

"Hal-hal seperti ras, usia, jenis kelamin, dan pendidikan memang penting. Namun, pernikahan tampaknya lebih penting daripada hal-hal tersebut dalam hal ukuran seperti ini dalam hal menjalani hidup terbaik Anda," kata Bradford Wilcox, profesor sosiologi dan direktur National Marriage Project di University of Virginia. Wilcox mengulas dan menyunting penelitian Gallup Poll.

"Kita adalah hewan sosial. Dan seperti yang dikatakan Aristoteles, kita terprogram untuk terhubung," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbedaan dalam cara kita memilih pasangan

Ian Kerner, Terapis Pernikahan dan Keluarga Berlisensi mengatakan, mungkin kebahagiaan yang terkait dengan pernikahan ada hubungannya dengan apa yang orang harapkan darinya. 

"Dalam praktik saya selama dekade terakhir, saya telah memperhatikan pergeseran bertahap dari 'pernikahan romantis' ke 'pernikahan sahabat', yang berarti bahwa orang-orang semakin memilih pasangan di awal yang lebih seperti sahabat daripada pasangan yang memiliki gairah," kata Kerner melalui email.

Meskipun hal ini dapat menimbulkan masalah dengan ketertarikan, ini juga berarti orang-orang tersebut memilih pasangan berdasarkan kualitas yang dapat meningkatkan stabilitas dan kepuasan jangka panjang, katanya.

"Paling tidak, konsep komitmen menyiratkan pengalaman terikat dengan orang lain. Paling tidak, ini berarti terikat dengan seseorang yang merupakan tempat bernaung yang aman dan nyaman yang akan selalu ada untuk Anda dalam menghadapi kesulitan apa pun," ujar Dr Monica O'Neal, Psikolog dari Boston.

Apakah saya harus menikah untuk menjadi lebih bahagia?

"Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari data, namun sulit untuk mengatakan apakah pernikahan adalah alasan untuk tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi," kata Rothwell.

Bisa jadi orang-orang yang memiliki kualitas yang cenderung mengarah pada kebahagiaan yang lebih konsisten juga merupakan orang-orang yang akan mencari pernikahan, kata survei tersebut. "Ada juga yang terkenal, untuk pria, sebuah keuntungan yang terkait dengan menikah dalam hal mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi," kata Rothwell.

"Ada banyak perdebatan dalam literatur tentang apakah itu karena pria yang lebih sukses, menarik, dan cerdas yang memiliki atribut yang membuat mereka mendapatkan penghasilan lebih banyak di pasar tenaga kerja, lebih mungkin untuk menikah," jelas dia.

Namun, kualitas pernikahan dapat bervariasi berdasarkan keadaan individu, perubahan sosial dan pandangan budaya terhadap pernikahan, tambahnya.

Sebagai contoh, dalam komunitas di mana pernikahan sering kali merupakan kebutuhan praktis, data menunjukkan efek yang lebih kecil terhadap kebahagiaan dibandingkan dengan komunitas di mana individu merasa lebih mampu untuk memilih status dan pasangan mereka, kata Rothwell.

Dan O'Neal tidak membayangkan bahwa pernikahan yang tidak bahagia akan membuat Anda merasa lebih baik dalam hidup secara keseluruhan.

"Saya masih percaya bahwa mereka yang memiliki pernikahan yang tidak bahagia, mungkin kurang bahagia dibandingkan mereka yang masih lajang," katanya.

Baik menikah atau berpacaran, Anda dapat mengoptimalkan peluang  untuk memiliki hubungan yang bahagia dengan berkomunikasi dengan baik tentang komitmen satu sama lain.

"Saya rasa kita tidak akan pernah sampai pada titik dalam ilmu sosial di mana kita bisa mengatakan apakah pernikahan menyebabkan kebahagiaan atau tidak," kata Rothwell.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini