Sukses

Kampung Berseri Astra Pekayon Bekasi: Misi Dukung SDGs Indonesia

KBA Astra Pekayon Bekasi workshop dukung SDGs dan selama kegiatan berlangsung para peserta diajak untuk berkenalan dengan berbagai praktik melestarikan alam yang telah diterapkan oleh warga sekitar.

Liputan6.com, Jakarta - Astra mengunjungi Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon, Bekasi, yang telah dibina oleh sejak tahun 2015 sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian lingkungan hidup.

“Kampung Berseri Astra merupakan salah satu inisiatif yang dijalankan perusahaan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan masyarakat secara berkelanjutan. Astra terus berkomitmen mendukung aksi peduli lingkungan yang dilakukan oleh Kampung Berseri Astratermasuk KBA Pekayon, Bekasi, Jawa Barat,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis (23/11/2023), dan selama kegiatan berlangsung, para peserta diajak untuk berkenalan dengan berbagai praktik melestarikan alam yang telah diterapkan oleh warga sekitar.

Mulai dari praktik ecoprint secara langsung, mengeksplorasi KBA yang memiliki luas 17 hektar tersebut, mengikuti Go Green Mini Tour KBA Pekayon Zona Hijau, praktik memilah sampah, mengolah minyak jelantah menjadi produk bermanfaat seperti aroma terapi, pembuatan eco-enzim hingga mendapatkan pengetahuan terkait pola bersih hidup sehat (PHBS).

Selain itu, dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, para warga juga menanam dengan hidroponik tanaman hias, tanaman konsumsi, hingga tanaman herbal yang berkhasiat yang tumbuh di atap dan pekarangan rumah mereka.

Selain menghijaukan lingkungan, tanaman tersebut juga bisa menjadi sumber pangan yang mana kelebihan hasil panennya dapat dijual dan menambah penghasilan warga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Realisasi 4 Pilar Astra

Kampung Berseri Astra (KBA) adalah program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang merealisasikan inisiatif empat pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra dalam satu komunitas kampung.

Melalui program ini, Astra berharap bisa mengintegrasikan empat pilar Public Contribution Roadmap akni Astra untuk Indonesia Sehat, Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Hijau, danAstra untuk Indonesia Kreatif.

Melalui pelaksanaan program KBA, Astra ingin mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sesuai dengan keempat pilar tersebut.

Pada realisasi pilar kesehatan di KBA Pekayon, warga memiliki posyandu, poswindu, yang rutin dilakukan secara door to door. Warga setempat juga secara aktif melakukan senam rutin bersama

Sementara pada realisasi pilar pendidikan, KBA Pekayon memiliki taman bacaan dan pemberian beasiswa dari Astra sekaligus pemberian pembinaan sekolah sekitar untuk menjadi sekolah adiwiyata. Pada program pemberian beasiswa, KBA Pekayon melakukan seleksi ketat terhadap calon penerima beasiswa yang kemudian akan diseleksi oleh Astra.

Pada pilar lingkungan, sebagai kampung dengan predikat ProKlim lestari, kegiatan yang dilakukan oleh warga setempat antara lain mencakup mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan, melalui kegiatan pembuatan kompos, bank sampah, penghijauan,energi terbarukan, kegiatan hemat energi dan penghijauan kota.

3 dari 3 halaman

Beberapa Program Diluncurkan Dorong SDGs

Berbagai kegiatan dilakukan untuk menekan pengurangan sampah plastik sekali pakai diwilayah KBA Pekayon. Salah satunya dengan program Gerakan Mengurangi Plastik Pasar (Gempar). 

Ada pula program bank sampah yang mengajak para warga memahami dalam memilah sampah. Hingga saat ini para warga berhasil mengumpulkan 570 kg sampah plastik sekali pakai. Serta program pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan dasar sabun organik.

KBA Pekayon memiliki koperasi yang difungsikan sebagai wadah UMKM di lingkungan RW 08 hingga 11 untuk mempromosikan sekaligus menjual dagangan para pelaku UMKM. Setidaknya terdapat 50 usaha mikro kecil menengah yang aktifdi KBA yang memiliki kurang lebih 800 Kepala Keluarga tersebut.

“Kehadiran Astra di kampung ini menambah semangat kami untuk bergerak, karena kita mempunyai satu visi yang sama yaitu memberdayakan masyarakat di bidang kesehatan,pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan,” ujar tokoh penggerak KBA Pekayon LalaGozali.

Sampai tahun ini, Astra telah membina 194 Kampung Berseri Astra (KBA) dan 78 di antaranya merupakan Kampung ProKlim yang merupakan komitmen Astra untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat setempat dalam mitigasi perubahan iklim.

Astra juga membina 1.060 Desa Sejahtera Astra (DSA), bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, danmasyarakat desa dalam pengembangan ekonomi pedesaan berbasis sumber daya lokal. Melalui program DSA, sejumlah UMKM di KBA dan DSA yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia berhasil mengekspor produknya.

Semangat Astra dalam mengembangkan KBA Pekayon yang mengedukasi lingkungan yang terintegrasi dan berkelanjutan untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan citacita Astra untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini