Sukses

100 Merek produk Klining dan Laundry dari 15 Negara Pameran di Jakarta

EXPO CLEAN & EXPO LAUNDRY kali ini menghadirkan lebih dari 100 brands produk klining dan laundry mewakili 15 negara dan kawasan di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Industri klining dan laundry mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang dinamis di kawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Pasca pandemi, kegiatan membersihkan dan mencuci menjadi lebih penting. Halini turut memacu perubahan yang mendorong evolusi industri klining dan laundry.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (APKLINDO) M Shiddiq menjelaskan, industri klining mengalami pertumbuhan yang luar biasa, pelaku usaha juga dituntut untuk lebih sigap dalam mengantisipasi kebutuhan pasar dan memberikan solusi yang paling efektif.

Tentunya, industri ini juga merupakan industri yang padat karya dan salah satu upaya peningkatan kualitas adalah juga dengan memberikan peluang untuk terus belajar dengan pelatihan – pelatihan dan juga sertifikasi tenaga kerja.

"Hal ini penting, karena tenaga kerja yang tersertifikasi akan memiliki lebih banyak peluang untuk maju.”kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (5/10/2023).

Dengan adanya kebutuhan pasar yang dinamis, industri klining dan laundry terus beradaptasi mengikuti perubahan dan tren pasar. Sertifikasi tenaga kerja, penggunaan bahan bahan yang ramah lingkungan dan aman bagi manusia, pemanfaatan teknologi otomasi adalah beberapa elemen yang turut menentukan arah industri klining dan laundry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melaju Pesat

Direktur PT Media Artha Sentosa, Teddy Halim, yang adalah penyelenggara pameran EXPO CLEAN & EXPO LAUNDRY, mengatakan bahwa profesional industri klining dan laundry mengamati dan mencermati dinamika industri ini, sejak penyelenggaraan EXPO CLEAN & EXPO LAUNDRY yang pertama kalinya di tahun 2014.

Industri laundry sudah melaju pesat dalam semua kategorinya, baik dari laundry khusus untuk ritel, komersial, fasilitas yankes, pariwisata, semua berkembang cepat. Kunci utamanya ada di inovasi.

"Untuk dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pasar, para profesional industri klining dan laundry harus memiliki inovasi produk,” kata Teddy.

“Melalui inovasi, pelaku industri dapat menawarkan produk dan layanan yang lebih baik, lebih efektif dan efisien. APKLINDO terus mendukung diselenggarakannya EXPO CLEAN & EXPO LAUNDRY, bahkan sejak pertama kalinya diadakan. Kami melihat adanya kebutuhan dari industri klining akan sebuah wadah pertukaran informasi yang aktual serta peluang untuk mengembangkan jaringan usaha.” jelas M Shiddiq.

3 dari 3 halaman

Laundry Roundtable

EXPO CLEAN & EXPO LAUNDRY kali ini menghadirkan lebih dari 100 brands produk klining dan laundry mewakili 15 negara dan kawasan di dunia. Beragam produk ditampilkan dengan inovasi terkini. Diharapkan kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi pelaku usaha dalam negeri untuk dapat lebih unggul dan meningkatkan produktivitasnya.

Salah satu agenda yang diadakan adalah Laundry Roundtable, dimana pelaku usaha laundry dari Filipina, Malaysia dan Indonesia dapat saling bertukar pengalaman.

"EXPO LAUNDRY juga bekerja sama dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia – PERSI untuk mengadakan seminar healthcare laundry dan masih banyak lagi aktivitas lainnya selama tiga hari ke depan,”tutur Teddy Halim.

Acara ini digelar pada tanggal 5 & 6 Oktober 2023 di Jakarta International Expo, kemayoran, Jakarta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.