Sukses

Ini Dia 3 Rutinitas Bisa Bantu Menuju Kesuksesan

Jika Anda ingin menjadi lebih produktif di tempat kerja, mungkin perlu mengubah rutinitas Anda setelah pulang kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda ingin menjadi lebih produktif di tempat kerja, mungkin perlu mengubah rutinitas setelah pulang kerja. Ini diungkapkan salah seorang penulis buku.

Menurut James Clear, Ahli Pengambilan Keputusan dan Penulis Buku terlaris New York Times, "Atomic Habits." Clear,  yang telah mempelajari pembentukan kebiasaan dan peningkatan pribadi selama lebih dari satu dekade, mengatakan jika kebiasaan 5 sampai 9 jam kerja bisa berdampak signifikan terhadap kinerja.

"Kita semua memiliki kebiasaan dan perilaku ini yang memengaruhi perasaan kita dan apakah kita tampil dengan cara yang konsisten," ujar dia melansir CNBC, Kamis (21/9/2023).

"Hal-hal yang Anda lakukan di rumah, Anda bawa ke tempat kerja setiap hari."

"Semuanya saling berkaitan," tambahnya. "Maksud saya, jika Anda tidak tidur nyenyak di rumah, akan sulit untuk bekerja dengan baik di tempat kerja. Jika Anda terganggu di rumah dan perhatian Anda terpecah, atau waktu Anda terbagi, Anda tidak memiliki kapasitas yang sama untuk waktu bekerja."

Anda bisa mengoptimalkan kebiasaan di rumah dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana. Inilah yang dia rekomendasikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tentukan Zona di Rumah untuk Tujuan Tertentu

Mencoba menjawab email di tempat tidur bukanlah ide yang bagus: Mengasosiasikan tidur dan bekerja dengan tempat tidur akan membuat otak Anda "lebih sulit untuk menguraikan tindakan mana yang harus dilakukan" ketika Anda berada di sana, kata Clear.

Solusinya: Dedikasikan ruangan atau "zona" tertentu untuk tujuan tertentu.

"Katakanlah Anda sedang mencoba membangun kebiasaan baru untuk membaca," kata Clear. "Tapi setiap kali Anda duduk di sofa, Anda akan teralihkan perhatiannya dan menyalakan TV."

Sebagai gantinya, cobalah menciptakan "zona membaca" dengan menyiapkan kursi atau sudut yang nyaman, mengundang, dan menjauh dari layar.

"Anda bisa menerapkan filosofi yang sama ... pada kebiasaan apa pun yang sedang Anda coba bangun," kata Clear. "Semakin sebuah kebiasaan dikaitkan dengan konteks tertentu, semakin dikaitkan dengan zona khusus di mana Anda melakukannya, semakin besar kemungkinan kebiasaan itu akan melekat."

Dalam konteks tempat kerja, hal ini bisa terlihat seperti menjauhkan panggilan pribadi dari meja kerja Anda, membatasi gangguan, atau mematikan telepon kantor di penghujung hari.

3 dari 4 halaman

2. Batasi Waktu di Depan Layar

Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu dengan ponsel, Anda tidak sendirian. Tiga puluh satu persen orang dewasa di AS, lebih dari 80 juta orang, online "hampir setiap saat", demikian hasil survei tahun 2021 dari Pew Research Center.

Namun, penggunaan ponsel yang meningkat dapat menghambat kesuksesan profesional Anda.

"Pilihan yang Anda buat di layar ponsel di rumah sering kali membentuk cara Anda menghabiskan waktu sepanjang hari kerja," kata Clear. "Misalnya, mungkin Anda mengunduh Instagram saat berada di rumah, tetapi kemudian Anda menemukan diri Anda menggulir tanpa berpikir saat berada di tempat kerja."

Banyak dari kita yang menyimpan ponsel di samping kita, tambah Clear. Hal ini memudahkan kita untuk mengambilnya tanpa berpikir untuk melakukan scroll.

"Kebanyakan orang memeriksa ponsel mereka setiap 15 menit atau kurang, meskipun mereka tidak memiliki peringatan atau pemberitahuan," kata psikolog riset Larry Rosen kepada CNBC pada tahun 2018.

"Kita telah membangun lapisan kecemasan seputar penggunaan teknologi, bahwa jika kita tidak mengeceknya sesering yang seharusnya, kita akan kehilangan sesuatu."

Untuk mengurangi waktu di depan layar, alokasikan waktu khusus untuk penggunaan ponsel, matikan notifikasi push yang tidak perlu, simpan perangkat Anda jauh dari tempat tidur di malam hari, dan singkirkan aplikasi yang mengganggu dari layar beranda, Rosen merekomendasikan.

4 dari 4 halaman

3. Fokus Pada Hal-hal Mendasar: Tidur, Makanan, dan Olahraga

Tidur, makanan dan olahragaJika Anda ingin sukses di tempat kerja, jangan melewatkan hal-hal mendasar, kata Clear. Itu berarti Anda harus:

Tidur dalam waktu yang cukup setiap malamMakan makanan yang sehat dan seimbangBerolahraga secara konsistenHal-hal tersebut mungkin tampak seperti hal yang mudah, namun lebih dari sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat tidur kurang dari tujuh jam per malam, menurut laporan Morbiditas dan Kematian tahun 2014 yang dipublikasikan di situs web National Institute of Health.

Kurang dari 15% orang dewasa AS memenuhi asupan buah dan sayuran yang direkomendasikan, menurut laporan tahun 2019. Dan hanya 28,3% pria dan 20,4% wanita yang berolahraga secara teratur, menurut data tahun 2020 dari Pusat Statistik Kesehatan Nasional.

Melakukan "perubahan kecil," seperti menambahkan buah atau sayuran ke piring Anda, atau berjalan kaki selama sepuluh menit, dapat membantu Anda terus maju menuju kebiasaan baik dan rutinitas yang lebih sehat, kata Clear.

Pakar lain setuju. "Saya tidak pernah mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, saya tidak pernah mengambil cuti lebih dari dua hari untuk berolahraga, [dan] saya tidak pernah tidur kurang dari tujuh jam dalam semalam," kata Christopher Palmer, seorang ahli otak dan profesor di Harvard Medical School, kepada CNBC Make It pada Desember 2022.

Menahan diri dari praktik-praktik ini membantunya untuk tetap "tajam, berenergi, dan sehat," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.