Sukses

Buat Wanita, Begini 9 Tips Efektif Tidur Nyenyak Selama Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Salah satu dari sekian banyak ketidaknyamanan yang mungkin dihadapi seorang wanita selama siklus bulanannya adalah kurangnya kualitas tidur. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan.

Sementara kram menstruasi dan kembung adalah penyebab yang diketahui dapat mengganggu tidur seseorang selama menstruasi, fluktuasi hormonal pada kadar estrogen dan progesteron juga dapat menyebabkan kesulitan tidur, tetap tidur, atau mengalami gangguan tidur. Banyak wanita juga sadar akan kebocoran saat mereka tidur dan ini juga bisa mempengaruhi tidur.

"Tidur malam yang nyenyak sangat penting bagi wanita, terutama selama siklus menstruasi ketika mereka biasanya menghadapi ketidaknyamanan dan fluktuasi hormonal. Untuk mengoptimalkan kualitas tidur selama ini, seseorang harus mengikuti langkah-langkah tertentu demi memastikan cukup istirahat. Ingatlah bahwa pengalaman menstruasi setiap orang unik, jadi sangat penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan menyesuaikan tip ini agar sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Jika kesulitan tidur terus berlanjut selama siklus menstruasi Anda, disarankan untuk mencari panduan pribadi dari profesional perawatan kesehatan," jelas Konsultan Senior - Obstetri dan Ginekologi, CARE Hospitals, Banjara Hills, Hyderabad M. Rajini.

Melansir Hindustan Times, Senin (5/6/2023), berikut ini 9 tips efektif tidur nyenyak selama menstruasi.

1. Prioritaskan jadwal tidur yang konsisten

Mempertahankan rutinitas tidur yang teratur membantu mengatur jam internal tubuh. Hal ini bertujuan agar tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan, untuk meningkatkan kualitas tidur Anda secara keseluruhan.

2. Optimalkan lingkungan tidur

Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan kondusif. Pastikan kamar tidur Anda sejuk, tenang, dan gelap dengan menggunakan tirai, penyumbat telinga, atau mesin derau putih untuk memblokir gangguan dari luar. Menggunakan kasur yang mendukung, bantal, dan tempat tidur yang nyaman juga dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik.

3. Manfaatkan kekuatan terapi panas

Meringankan kram menstruasi dan mengendurkan otot yang tegang dengan memanfaatkan terapi panas. Oleskan bantal pemanas atau mandi air hangat sebelum tidur untuk membantu meredakan ketidaknyamanan dan meningkatkan relaksasi yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Lakukan teknik relaksasi

Terlibat dalam praktik relaksasi sebelum tidur bisa sangat bermanfaat. Jelajahi latihan pernapasan dalam, relaksasi otot progresif, atau meditasi untuk mengurangi stres, meredakan ketidaknyamanan fisik, dan mempersiapkan diri secara mental untuk tidur.

5. Hidrasi adalah kunci

Tetap cukup terhidrasi sepanjang hari, termasuk sebelum tidur. Hidrasi dapat meredakan kembung dan meminimalkan rasa tidak nyaman selama menstruasi sehingga berpotensi meningkatkan kualitas tidur.

6. Pilih pakaian tidur yang nyaman

Pilih pakaian tidur yang longgar dan bernapas yang terbuat dari bahan alami seperti katun. Ini memungkinkan pengaturan suhu yang lebih baik dan kenyamanan keseluruhan pada malam hari.

7. Pilih tempat tidur yang tepat

Selama menstruasi, suhu tubuh Anda mungkin berfluktuasi sehingga menyebabkan hot flashes atau keringat malam. Pilih bahan tempat tidur yang menyerap keringat dan lembab, seperti katun atau bambu, untuk membantu mengatur suhu tubuh dan meningkatkan kenyamanan.

8. Kelola rasa sakit dan ketidaknyamanan

Kram dan ketidaknyamanan menstruasi dapat mengganggu tidur. Pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen, dapat membantu meringankan nyeri terkait menstruasi sebelum tidur. Jika Anda sulit tidur karena kram, coba gunakan bantalan pemanas atau mandi air hangat untuk mengendurkan otot dan meredakan nyeri.

9. Gunakan produk menstruasi yang tepat

Menemukan produk menstruasi yang tepat untuk kebutuhan dapat memengaruhi kualitas tidur secara signifikan. Apakah Anda lebih suka pembalut, tampon, cangkir menstruasi, atau pakaian dalam menstruasi, pilihlah produk yang memberikan perlindungan andal dan membuat Anda nyaman sepanjang malam. Pertimbangkan untuk menggunakan pembalut semalaman atau tampon yang lebih panjang yang dirancang untuk pemakaian yang lama guna mencegah kebocoran dan memastikan tidur tanpa gangguan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.