Sukses

Hindari Kepercayaan ‘Toxic’ Tentang Uang ala Bintang Acara Netflix “How To Get Rich”

Menurut jutawan mandiri dan bintang acara Netflix yang akan datang “How to Get Rich”, untuk memastikan Anda mencapai tujuan keuangan, Anda perlu keluar dari jalan Anda sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Tetap berada di posisi atas dalam keuangan, serta membangun kekayaan saja sudah cukup sulit terutama bagi sebagian besar orang. Maka dari itu, rasanya tidak perlu ditambah dengan mempersulit dengan menyabotase diri Anda.

Menurut Ramit Sethi, jutawan mandiri dan bintang acara Netflix yang akan datang “How to Get Rich”, untuk memastikan Anda mencapai tujuan keuangan, Anda perlu keluar dari jalan Anda sendiri. Menghilangkan tiga keyakinan “toxic” terhadap uang dapat membantu menempatkan Anda pada jalur keuangan yang solid, katanya, dikutip dari CNBC Make It.

“Faktanya, dengan membuat satu perubahan kecil saja dalam pola pikir Anda seputar investasi, Anda benar-benar dapat mengubah hidup Anda,” katanya.

Menurutnya, ada 3 tanda bahaya dalam pemikiran Anda tentang uang yang akan menghambat.

1. ‘Kami tidak berbicara tentang uang’

Meski banyak orang Amerika dibesarkan untuk menghindari percakapan tentang uang, itu adalah sesuatu yang tetap harus dilakukan dengan nyaman, tentunya jika Anda ingin sukses, menurut Sethi.

Dia berkata, “Bagaimana Anda bisa berharap untuk maju jika Anda tidak benar-benar berbicara tentang uang, baik sendiri atau bersama pasangan? Uang adalah topik biasa dalam setiap rumah tangga yang sukses secara finansial.”

Alasannya adalah seseorang tidak dapat menjadi proaktif tentang keuangan, kecuali Anda jujur dan jelas tentang seberapa banyak uang yang dihasilkan, kemana perginya, dan tujuan Anda untuk pertumbuhannya di masa depan.

Secara teratur mempertanyakan kebiasaan finansial Anda adalah bagian dari memiliki hubungan yang sehat dengan uang, Sethi menegaskan.

2. Tidak mempertanyakan pendidikan keuangan Anda

Hubungan setiap orang dengan uang tumbuh, dengan satu atau lain cara, dari apa yang diajarkan kepada mereka di masa kanak-kanak.

Sethi dalam podcastnya akan bertanya kepada pasangan 'Apa yang Anda ingat keluarga Anda katakan tentang uang ketika Anda tumbuh dewasa?' dan salah satu jawaban yang paling umum yang dia dengar adalah keluarga yang berkata ‘Kami tidak mampu membelinya’.

“Pikirkan tentang apa yang terjadi ketika keluargamu mengatakan itu 10 kali. Seribu kali 10.000 kali.” katanya.

Berdasarkan hal ini, Anda akan mengembangkan sebuah ‘naskah tak terlihat’ berkaitan keputusan keuangan yang dapat memengaruhi Anda saat mengelola keuangan sebagai orang dewasa, menurutnya.

Sebagai solusinya, dia berkata, “Anda harus mengenali mereka dan menginterogasi mereka dan kemudian memutuskan, skrip apa yang ingin saya ikuti atau buat untuk fase selanjutnya dalam hidup saya?”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lain

3. ‘Berinvestasi hanya untuk orang kaya’

Sethi menegaskan bahwa sebenarnya investasi justru menjadi salah satu cara menuju kaya.

Jika Anda memiliki penghasilan tingkat pemula, menurut Sethi, sebaiknya Anda menginvestasikan apa pun yang Anda bisa, bahkan jika Anda hanya dapat menginvestasikan $20 sebulan, begitulah cara untuk memulai.

Daripada memaksakan diri untuk berpisah dengan uang setiap bulan, siapkan transfer otomatis dari gaji Anda ke rekening investasi.

“Itu membuat saya bersemangat karena itu berarti Anda benar-benar dapat mulai hidup kaya, tidak mengkhawatirkan uang selama 20 tahun ke depan.” kata Sethi tentang dampak investasi yang dia rasakan kepada CNBC Make It.

Anda tidak menyadarinya karena saat Anda keluar menjalani hidup, uang Anda melakukan pekerjaan lambat dan stabil untuk tumbuh dengan kecepatan yang bertambah.

“Dan jika Anda memikirkan apa pun yang telah Anda lakukan dalam hidup yang membutuhkan waktu lama yang sangat Anda banggakan, mungkin kebugaran Anda, mungkin belajar bahasa. Anda tahu bagaimana rasanya mengerjakannya setiap hari dan hanya menjadi sedikit lebih baik. Itulah yang dimaksud dengan penciptaan kekayaan.” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini