Sukses

Cara Meditasi yang Benar, Berikan Dampak Maksimal Menurut Para Ahli

Dengan belajar memfokuskan pernapasan atau perhatian seseorang pada pemikiran atau aktivitas tertentu, meditasi dapat menghasilkan keadaan relaksasi yang mendalam dan meningkatkan kejernihan dan kesejahteraan emosional.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah persentase populasi orang dewasa di negara yang berlatih meditasi meningkat dari 4,1 persen jadi 14,2 persen pada 2012.

Saat ini, jumlah itu telah tumbuh lebih tinggi lagi, dengan banyak orang dewasa sekarang sering beralih ke aplikasi meditasi untuk membantu latihan.

Di Amerika, superstar seperti Harry Styles , LeBron James, Kate Winslet, dan Matthew McConaughey membantu para pendengar mereka mencapai keadaan santai, ini membuktikan meditasi telah menjadi aktivitas utama yang trendi.

Meski begitu, mencari kedamaian batin dan menemukannya adalah dua hal yang berbeda. Ahli meditasi memaparkan adanya teknik yang lebih produktif daripada yang lain.

Meditasi sendiri adalah praktik yang membuat seseorang mengikuti fokus khusus atau teknik pernapasan untuk mendapatkan kejernihan mental atau emosional.

Juanita Guerra, PhD., seorang psikolog klinis yang berlatih meditasi di New Rochelle, New York berkata, “Ini adalah strategi untuk membantu Anda mencapai keadaan santai dan bergerak ke arah pencapaian kedamaian batin,"

Dengan belajar memfokuskan pernapasan atau perhatian seseorang pada pemikiran atau aktivitas tertentu, meditasi dapat menghasilkan keadaan relaksasi yang mendalam dan meningkatkan kejernihan dan kesejahteraan emosional.

Diperkirakan ini terjadi karena beberapa wilayah otak terpengaruh dalam waktu yang sama dan pernapasan dalam secara terus menerus telah terbukti meningkatkan aliran udara dan darah ke seluruh tubuh, ketika kita melakukan meditasi.

Berikut menurut ahli, tips meditasi yang ideal. Meskipun ada banyak teknik yang telah terbukti untuk membantu seseorang bermeditasi secara produktif.

1. Kurangi gangguan dan merasa nyaman.

"Pastikan Anda berada di tempat yang tenang, bebas dari gangguan dan mengenakan pakaian yang nyaman, Anda tidak boleh merasa terkekang dengan cara apa pun," saran Guerra.

2. Pilih periode waktu tertentu.

Menurut Danielle Casioppo, MS, seorang instruktur dan koordinator meditasi, yoga dan mindfulness di Yale University, jika seseorang baru dalam hal meditasi, sebaiknya mereka memulai dari yang kecil dan mulai dengan latihan yang singkat dan sederhana. Bisa juga menyetel pengatur waktu selama dua menit untuk permulaan, sebelum masuk ke dalam 30 hingga 45 menit.

3. Tutup mata Anda dan fokus pada pernapasan Anda

"Duduk dengan nyaman dan ikuti tarikan dan embusan napas Anda. Kemudian, saat pengatur waktu berbunyi, akhiri latihan," kata Casioppo.

4. Tingkatkan durasi sesi meditasi mendatang

Lakukan hal tersebut sampai Anda menemukan durasi dan teknik yang cocok untuk Anda.

"Ulangi latihan singkat ini sepanjang hari sesuai kebutuhan dan tingkatkan waktu secara bertahap sesuai keinginan," saran Casioppo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini