Sukses

Buat Orang Tua, Begini 5 Tips Bikin Anak Tertarik Baca Buku

Sementara itu, membaca buku ini menjadi kebiasaan yang sangat sehat. Sebab, dapat membuka perspektif, memperkaya jiwa, dan mengisi pengetahuan.

Liputan6.com, Jakarta Menanamkan atau mendidik anak agar gemar membaca bukan suatu hal yang mudah. Jadi, para orang tua harus lebih pintar mendalami cara membuat anak tertarik membaca buku agar membantu mereka mencapai kesuksesan di masa depan.

Sebelumnya, Anda sebagai orang tua harus ingat bahwa setiap anak memiliki karakter dan keberhasilan yang berbeda-beda. Jadi, bersabarlah dan terus mencoba pendekatan yang berbeda sampai Anda menemukan yang terbaik untuk sang buah hati.

Sementara itu, membaca buku ini menjadi kebiasaan yang sangat sehat. Sebab, dapat membuka perspektif, memperkaya jiwa, dan mengisi pengetahuan.

Namun, bagi Anda yang masih bingung cari cara membuat anak tertarik membaca buku, beberapa tips berikut ini mungkin bisa menjadi solusinya.

Melansir Hindustan Times, Kamis (16/3/2023), berikut ini tips membuat anak tertarik membaca buku yang bisa orang tua coba terapkan.

1. Pilih buku yang sesuai dengan usia anak

Pertama-tama, Anda harus memilih buku bacaan yang sesuai dengan usia dan tingkat membaca anak. Anda dapat mulai dengan buku bergambar untuk anak-anak yang lebih kecil dan beralih ke buku bab seiring bertambahnya usia. Pilih buku dengan ilustrasi cerah dan penuh warna yang akan menarik perhatian mereka.

2. Jadikan membaca sebagai rutinitas

Sisihkan waktu tertentu setiap hari untuk membaca, seperti sebelum tidur atau setelah makan malam. Ini akan membantu menjadikan membaca sebagai bagian rutin dari rutinitas mereka dan menanamkan kecintaan membaca di dalamnya.

3. Pilih buku tentang subjek yang menarik bagi anak

Anak-anak lebih tertarik untuk membaca jika topiknya adalah sesuatu yang menurut mereka menarik. Jika anak Anda menyukai dinosaurus, misalnya, cari buku tentang itu. Sementara jika mereka menyukai olahraga, cari buku tentang olahraga atau atlet favorit mereka.

4. Membaca bersama

Habiskan waktu membaca bersama keluarga. Bergiliran membacakan dengan lantang dan mendiskusikan ceritanya. Ini tidak hanya membantu membangun keterampilan membaca, tetapi juga menciptakan ikatan antara Anda dan anak.

5. Beri hadiah

Tawarkan hadiah untuk membaca, seperti waktu layar ekstra atau suguhan khusus. Ini akan memberi mereka insentif untuk membaca dan membantu menjadikannya kegiatan yang menyenangkan. Namun, penting untuk diingat bahwa hadiah tidak boleh menjadi satu-satunya fokus karena kesenangan membaca itu sendiri harus menjadi tujuan akhir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.