Sukses

Kenali Produk Perawatan Bakuchiol Hingga Manfaat Ditawarkan

Dia menambahkan bahwa sifat anti-inflamasi dan antibakterinya mampu menenangkan dan memulihkan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Retinol menjadi salah satu produk perawatan yang mampu mencerahkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, ada pula bakuchiol yang bisa menjadi alternatif lain pengganti retinol.

Lantas, apa saja manfaat bakuchiol?

“Bakuchiol diekstraksi dari daun dan biji tanaman babchi (psoralea corylifolia) yang tumbuh di anak benua India dan secara historis telah digunakan dalam perawatan penyembuhan Cina dan Ayurveda,” jelas ahli bedah plastik okulofasial dan penemu kulit perawatan merek Orvos Skin Science Robert Schwarcz seperti melansir CNN, Jumat (24/2/2023).

Dia menambahkan bahwa sifat anti-inflamasi dan antibakterinya mampu menenangkan dan memulihkan kulit.

Karena bersumber dari tanaman babchi, bakuchiol sering diberi label sebagai vegan atau alternatif alami untuk retinol. Akan tetapi menurut para ahli, tidak tepat untuk menyebutnya sebagai vegan atau retinol alami.

Bakuchiol vs retinol

Shereene Idriss sebagai pendiri Idriss Dermatology di New York City dan pencipta seri #pillowtalkderm di akun Instagram pribadinya menjelaskan bahwa bakuchiol bereaksi pada kulit dengan cara yang mirip dengan retinol, yang sangat mapan dan merupakan superstar perawatan kulit.

Namun secara kimia, keduanya tidak mirip sama sekali. Jadi, tidak benar mengatakan bahwa bakuchiol adalah 'retinol alami'.

Ditelusuri dalam seluk beluk kimia, Idriss menjelaskan bahwa retinol dan bakuchiol sama-sama meningkatkan produksi kolagen dan menurunkan regulasi MNPS, yang pada dasarnya adalah matriks metalloproteinase dan enzim yang menyerang kolagen di kulit. Dengan kata lain, keduanya mengubah cara kulit memproduksi kolagen, yang menghasilkan kulit lebih montok, lebih cerah, serta mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Seperti retinol, Anda akan menemukan bakuchiol dalam berbagai produk perawatan kulit, mulai dari pelembab hingga krim mata hingga minyak wajah dan banyak lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memulai rutinitas perawatan kulit bakuchiol

Bakuchiol dapat digunakan sendiri atau bagi mereka yang dapat mentolerir retinol, dapat dipasangkan dengan bahan anti-penuaan. Para ahli mengatakan, itu adalah ide yang bagus untuk melakukannya.

“Bakuchiol dapat membantu menstabilkan retinol, yang bisa sangat tidak stabil dan sulit diformulasikan,” kata Idriss.

“Menggunakan bakuchiol dan retinol secara bersamaan dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih segar,” tambah ahli kecantikan medis dan pendiri Miami medspa Skincare by Amy Peterson Amy Peterson. “Menggunakan keduanya bersamaan membantu mencegah keriput, dan merangsang produksi kolagen,” sambungnya.

Jika Anda menggunakan retinol dan bakuchiol dalam rutinitas perawaran kulit, Peterson menyarankan agar menggunakan produk bakuchiol di siang hari karena tidak membuat kulit peka terhadap sinar matahari. Kemudian menerapkan produk retinol di malam hari.

Sementara jika Anda mengganti hari ketika menggunakan produk retinol, Anda dapat menggunakan bakuchiol pada hari Anda tidak menggunakan retinol untuk terus menerima manfaat penambah kolagen.

Seperti kebanyakan produk, konsistensi adalah kuncinya. Peterson mengatakan, Anda akan mulai melihat hasil yang terlihat dari penggunaan bakuchiol setelah enam hingga 12 minggu menggunakan perawatan kulit bakuchiol secara teratur.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.