Sukses

Kata Ahli, Almond Berguna Mengurangi Peradangan dan Nyeri Setelah Olahraga Intens

Almond terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi sekarang ada bukti bahwa almond juga memiliki khasiat untuk kebugaran.

Liputan6.com, Jakarta Setelah melakukan olahraga yang intens, tubuh mungkin merasakan lelah dan pegal. Jika biasanya Anda mengonsumsi minuman atau makanan tertentu, kini cobalah kacang almond. Sebab, kacang satu ini punya manfaat untuk kebugaran.

Almond terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi sekarang ada bukti bahwa almond juga memiliki khasiat untuk kebugaran. Sebuah studi baru yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition menemukan bahwa menambahkan almond ke dalam makanan dapat membantu tubuh pulih seperti sedia kala setelah berolahraga yang intens.

Sebuah studi terhadap 64 orang dewasa, dibagi menjadi dua kelompok — satu kelompok makan almond, sedangkan satu kelompok lagi makan setara kalori dalam sereal bar — menunjukkan bahwa kelompok yang makan almond memiliki biomarker yang menunjukkan pemulihan otot yang lebih baik, termasuk mengurangi kelelahan dan ketegangan pasca latihan dan tingkat kekuatan yang lebih tinggi. Mereka juga melaporkan merasa kurang sakit.

Namun, ini bukan hanya sekadar memasukkan beberapa almond ke dalam mulut setelah berolahraga dan secara ajaib menyegarkan otot. Mereka pun makan dua ons almond atau sekitar 46 kacang individu setiap hari selama empat minggu.

“Orang-orang memperlakukan makanan terlalu banyak seperti pil, atau berpikir bahwa ada efek magis, tetapi tidak seperti itu dengan diet” tutur penulis utama studi David C. Nieman seperti dilansir Well and Good, Rabu (15/2/2023).

Nieman menjelaskan, peneliti kesehatan menemukan dengan perubahan pola makan secara umum bahwa “Anda masuk ke dalam suatu pola dan kemudian Anda mematuhinya dan kemudian Anda akan menerima manfaat kesehatan. Dan yang kami tunjukkan adalah ada manfaat pemulihan juga.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelitian

Para peneliti mengukur darah dan urin subjek untuk berbagai jenis metabolit (zat yang dihasilkan sebagai hasil kerja metabolisme, seperti ketika otot mengalami robekan mikro selama latihan) sebelum memulai percobaan, segera setelah 90 menit yang intens, sesi latihan, dan selama empat hari setelah latihan. Adanya metabolit tertentu dapat berfungsi sebagai “biomarker” yang mengindikasikan kelelahan atau peradangan pada otot.

“Yang baik metabolit naik, yang buruk turun,” kata Nieman. “Itu adalah temuan yang sangat kuat yang tidak mungkin terjadi karena kebetulan. Asupan almond pada dasarnya mengubah produksi mediator yang mengatur kekebalan, energi, dan peradangan.”

Ukuran kekuatan, serta laporan dari subjek penelitian, juga lebih positif pada kelompok almond.

Meskipun studi ini dilakukan oleh peneliti independen termasuk Nieman, penelitian ini disponsori oleh Dewan Almond California. Namun, Roxana Ehsani sebagai ahli diet olahraga bersertifikat, berpendapat bahwa metodologi dan temuannya sah.

"Ini adalah berita bagus untuk orang yang aktif, dan menunjukkan makan makanan utuh seperti almond bermanfaat untuk pemulihan pasca latihan, dan tidak perlu bergantung pada makanan olahan pasca latihan untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pemulihan," kata Ehsani.

 

3 dari 3 halaman

Kandungan Almond

Lantas, mengapa kacang memiliki efek yang kuat ini? Almond mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, yang digambarkan Ehsani sebagai "trio nutrisi yang dibutuhkan untuk pemulihan yang optimal". Mereka juga memiliki fosfor, kalsium, dan magnesium—elektrolit yang dapat habis karena berkeringat.

"Magnesium dan kalsium sangat penting untuk fungsi otot yang optimal," kata Ehsani. Nieman juga menunjuk vitamin E, asam amino, dan polifenol sebagai alasan almond bermanfaat.

Nieman berharap penelitian ini menginspirasi orang untuk melihat makanan bergizi. Bukan hanya minuman olahraga atau bubuk protein, tapi juga sebagai bagian penting dari kebugaran tubuh Anda dan pulih setelah olahraga.

Dia mencatat bahwa penelitian ini berada di lima persen teratas dari semua artikel yang dilihat di situs web Frontiers in Nutrition. Itu mungkin ada hubungannya dengan meningkatnya budaya pengoptimalan yang begitu sering membuat kita memperlakukan tubuh kita seperti mesin yang dapat kita sesuaikan untuk memaksimalkan kebugaran fisik.

Akan tetapi, Nieman mengatakan jika Anda ingin mengoptimalkan, almond adalah cara yang bagus untuk melakukannya.

“Ini membantu tubuh Anda melewati stres sedikit lebih mudah,” kata Nieman. "Itu tentang peretasan kehidupan sebanyak yang bisa Anda dapatkan di sana."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.