Sukses

Ada Banyak Tipe Perfeksionis, Anda yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Perfeksionis adalah orang-orang yang telah menetapkan standar tinggi terhadap kinerja dan kepribadian mereka. Berdasarkan hal tersebut, orang-orang yang memiliki sifat ini sering berpikir bahwa apa pun yang mereka lakukan tidak pernah memuaskan.

Menurut lansiran dari laman CNBC, Senin (23/01/2023), terdapat 5 tipe perfeksionis. Perlu diingat bahwa perfeksionisme adalah konstruk yang cair dan bergantung pada konteks.

Misalnya, Anda bisa menjadi perfeksionis yang berantakan dalam hal berkencan dan perfeksionis yang intens di tempat kerja. Memahami profil akan membantu Anda menghargai dan mengelola kecenderungan unik.

Kamu tipe perfeksionis yang mana?

• Perfeksionis yang intens

Perfeksionis yang intens dengan mudah mengarahkan dan mempertahankan fokus ketika ingin mencapai tujuan mereka. Jika dibiarkan, standar mereka dapat berubah dari tinggi menjadi tidak mungkin, dan mereka dapat menghukum orang lain dan diri mereka sendiri karena tidak memenuhi standar mereka.

• Perfeksionis klasik

Perfeksionis klasik sangat andal, konsisten, dan berorientasi pada detail, dan mereka menambahkan stabilitas pada lingkungan mereka. Jika dibiarkan, mereka akan berjuang untuk beradaptasi dengan spontanitas atau melakukan perubahan rutinitas, dan dapat mengalami kesulitan mengembangkan hubungan yang bermakna.

• Perfeksionis Paris

Perfeksionis Paris memiliki pemahaman langsung tentang kekuatan hubungan antarpribadi dan memiliki kapasitas empati yang kuat. Jika dibiarkan, keinginan mereka untuk terhubung dengan orang lain dapat bermetastasis menjadi kesenangan orang yang beracun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tipe Lainnya

• Perfeksionis penunda

Perfeksionis penunda unggul dalam persiapan, dapat melihat peluang dari perspektif 360 derajat, dan memiliki kontrol impuls yang baik. Jika dibiarkan, langkah-langkah persiapan mereka mencapai titik pengembalian yang semakin berkurang, mengakibatkan keragu-raguan dan kelambanan.

• Perfeksionis berantakan

Perfeksionis yang berantakan dengan mudah mengatasi kecemasan akan permulaan baru, adalah penghasil ide superstar, beradaptasi dengan spontanitas dengan baik, dan secara alami antusias. Dibiarkan, mereka berjuang untuk tetap fokus pada tujuan mereka, akhirnya menyebarkan energi mereka terlalu tipis untuk menindaklanjuti komitmen mereka.

Perfeksionisme adalah kekuatan.  Seperti kekuatan apa pun, itu dapat dimanfaatkan secara konstruktif. Jika Anda mengenali diri anda dalam tipe perfeksionis di atas, pertimbangkan untuk mencari tahu lebih lanjut tentang tipe perfeksionisme anda.

Mungkin bisa mengejutkan anda karena mengetahui seberapa besar kekuatan yang anda miliki. Namun, anda harus mempertimbangkan juga pemikiran ini: Tidak ada yang salah dengan Anda.

Penulis: Nita Suci Lydiarti

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS