Sukses

Ini Dia Sumber Kolagen Nabati Bisa Membantu Wajah Terlihat Awet Muda

Liputan6.com, Jakarta Kolagen menjadi salah satu hal yang berperan dalam membuat kulit wajah terlihat awet muda. Selain dari produk perawatan kecantikan yang dibeli di toko kosmetik atau dokter, bahan satu ini juga ditemukan dalam beberapa makanan yang biasa ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Sebagai infomasi, kolagen merupakan protein struktural penting yang membentuk jaringan ikat sehingga sangat penting untuk kesehatan, terutama kulit. Menurut Harvard School of Public Health, kolagen adalah jenis jaringan yang menghubungkan jaringan lain dan merupakan komponen utama tulang, kulit, otot, tendon, dan tulang rawan. Ini membantu membuat jaringan kuat dan tangguh, mampu menahan peregangan.

Sementara itu, kolagen hanya ditemukan pada daging hewan, seperti daging dan ikan yang mengandung jaringan ikat. Ada banyak makanan hewani dan nabati yang mengandung bahan satu ini yang membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Meski begitu, ada juga cara alami meningkatkan kolagen dalam tubuh seperti yang dibicarakan oleh seorang Ayurveda dan pelatih kesehatan usus Dimple Jangda di akun Instagram pribadinya.

“Nutrisi yang membantu proses produksi kolagen antara lain seng, vitamin C, dan zinc. Vitamin C membantu memproduksi pro-kolagen, prekursor kolagen tubuh. Jadi, buah-buahan dan sayur -sayuran yang tinggi vitamin dan mineral adalah teman untuk membuat kulit kenyal,” tuturnya seperti melansir The Indian Express, Senin (16/1/2023).

Dia pun menyebutkan beberapa sumber kolagen nabati favoritnya yang akan membantu mengencangkan kulit dan membuat Anda awet muda. Sumber kolagen tersebut antara lain:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sumber Kolagen

a. Buah-buahan seperti jeruk, grapefruit, lemon, dan limau, yang semuanya merupakan sumber kaya vitamin C.

b. Tomat yang dapat menyediakan hingga 30 persen nutrisi penting untuk kolagen dan memiliki lycopene, antioksidan kuat untuk penyangga kulit

c. Paprika mengandung vitamin C dan capsaicin, senyawa anti-inflamasi yang membantu memerangi tanda-tanda penuaan.

d. Buah-buahan tropis seperti mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji juga mengandung vitamin C.

e. Jambu biji juga mengandung sedikit zinc, faktor pendamping lain untuk produksi kolagen.

f. Buah astringen seperti apel, beri, ceri, stroberi , beri angsa India, raspberry, dan blackberry dapat membantu mengencangkan jaringan dan kulit, serta membalikkan proses penuaan.

g. Bawang putih dapat meningkatkan produksi kolagen karena mengandung belerang yang tinggi, mineral yang membantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.

h. Sup yang terbuat dari sayuran hijau seperti bayam, kangkung, Swiss chard, dan lainnya memiliki klorofil, yang dikenal dengan sifat antioksidannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi klorofil meningkatkan prekursor kolagen di kulit.

i. Kacang adalah makanan berprotein tinggi yang sering mengandung asam amino yang diperlukan untuk sintesis kolagen. Plus, banyak dari mereka kaya akan tembaga, nutrisi lain yang diperlukan untuk produksi kolagen.

j. Kacang mete mengandung seng dan tembaga, yang keduanya meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat kolagen.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS