Sukses

Ketahui 4 Jenis Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi, Hindari Ya!

Liputan6.com, Jakarta Barang siapa yang ingin menjaga jantung dan otak tetap sehat, berhati-hati dengan kolesterol. Caranya yaitu dengan menghindari makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Apa saja makanan tersebut?

Kolesterol LDL (low-density lipoprotein) menumpuk di arteri dan membentuk plak, yang menghalangi aliran darah ke otak. Kolesterol HDL (high-density lipoprotein) mengambil LDL dan membawanya ke hati untuk diproses.

Sementara itu, tingkat optimal dapat bervariasi dari tiap orang. Oleh sebab itu, selalu konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Namun, ada salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kolesterol tinggi yaitu dengan menghindari makanan tertentu. Untuk mengetahuinya, berikut ini empat makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi seperti melansir CNBC, Rabu (4/1/2023).

1. Daging merah

Ya, makanan ini termasuk burger, iga, steak, dan daging babi. Jika Anda tidak ingin menghilangkan daging merah sama sekali, fokuslah pada sedikit daging tanpa lemak. Silakan makan dalam porsi yang lebih kecil dan setidaknya paling banyak seminggu sekali.

Ingatlah bahwa unggas juga mengandung lemak jenuh. Jadi, menghindari daging merah tidak berarti Anda harus mengonsumsi ayam.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi ikan dan kerang. Udang mungkin tinggi kolesterol, tetapi selama Anda tidak menyiramnya dengan mentega, itu akan memberi Anda banyak protein sekaligus meninggalkan kolesterol darah Anda sendiri.

Beberapa pilihan protein tanpa lemak yang lezat lainnya adalah ikan berdaging putih, seperti tilapia, halibut, cod, dan bass.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Makanan Lain

2. Makanan yang digoreng

Menggoreng makanan biasanya meningkatkan jumlah kalori karena lemak jenuh atau trans dan kolesterol diserap oleh makanan selama proses berlangsung.

Sebagai opsi, Anda bisa memanggang kentang, kangkung, atau brokoli hingga garing saat Anda menginginkan kerenyahan. Atau, Anda bisa menggunakan penggorengan udara, yang menggunakan lebih sedikit lemak.

3. Daging olahan

Organisasi Kesehatan Dunia telah mengklasifikasikan daging olahan, seperti bacon, hot dog, dan salami, sebagai karsinogen. Daging olahan juga mengandung sodium dan lemak jenuh.

4. Makanan yang dipanggang

Biskuit, kue, dan kue kering yang diproduksi secara massal seringkali padat kalori, rendah nutrisi, dan mengandung banyak lemak (terutama lemak jenuh seperti mentega dan mentega putih) dan gula. Semua itu menjadi penyebab besar kolesterol tinggi.

Jadi, lebih baik panggang di rumah dan kendalikan jumlah dan jenis lemak dan gula yang Anda gunakan.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS