Sukses

Perhatikan, 7 Aturan Keras Bila Ingin Tambah Daya Ingat dan Hindari Pikun

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda tahu bahwa otak manusia bisa menyusut? Ya, rata-rata otak manusia menyusut 5 persen setiap dekade setelah usianya 40 tahun.

Meski demikian, Anda masih bisa mengatasi hal ini dengan melakukan beberapa hal sedari dini.

Melansir laman CNBC, Rabu (16/11/2022), Marc Milstein, seorang ahli otak, membagikan tentang 7 ‘aturan keras’ yang bisa meningkatkan daya ingat dan melawan kepikunan.

1. Mempertahankan tekanan darah dan kadar kolesterol

Tekanan darah anda harus dijaga karena jika terlalu tinggi dapat menyebabkan melemahnya otot yang ada pada jantung. Tekanan darah tidak boleh melebihi 120/80.

Selain itu, kadar kolesterol pun harus anda rutin cek.  Hal itu dapat dilakukan dalam jangka waktu empat sampai enam tahun.

2. Mengatur kadar gula

Gula darah menjadi bahan bakar utama bagi otak.  Jika asupan gula yang ada pada otak tidak cukup atau melebihi yang seharusnya dapat berdampak bahaya yaitu hancurnya pembuluh darah dan jaringan.

Gula cukup sering ditemukan dalam makanan kemasan.  Oleh karena itu anda perlu berhati-hati agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebelum memakannya, anda dapat mengecek salah satu daftar bahan berikut.

• Dextrose

• Fruktosa

• Glukosa

• Laktosa

• Maltosa

• Sukrosa

Tidak hanya itu, anda juga harus waspada terhadap produk apapun yang mengandung sirup.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

3. Tidur berkualitas

Sebagai seorang manusia tidur cukup itu sangat penting. Hal itu dapat berefek pada kesehatan fisik dan mood. Oleh karena itu sebaiknya tidur 7 sampai 9 jam setiap malamnya.

Jika ingin tidur berkualitas maka anda bisa berusaha bangun atau tidur dengan waktu yang konsisten setiap harinya.

Selain itu, anda dapat melakukan sesuatu yang bisa menenangkan diri anda sebelum tidur dan setelah bangun tidur, anda segera pergi keluar untuk mendapatkan sinar matahari langsung.

4. Memakan makanan yang bergizi

Makanan bergizi sangat baik untuk kesehatan otak. Oleh karena itu, anda dapat menghindari makanan yang memiliki zat aditif, biasanya digunakan sebagai bahan pengawet.

Selain itu, anda dapat menghindari makanan yang mengandung bahan kimia seperti pewarna makanan.

5. Tidak merokok (perokok aktif maupun perokok pasif)

Perokok memiliki risiko 30% lebih tinggi mengalami kepikunan. Selain itu, merokok dapat membahayakan orang di sekitarnya karena mengandung 7.000 bahan kimia dan bisa menyebabkan kanker paru-paru.

Asap rokok juga dianggap berbahaya karena dapat mengeluarkan bahan kimia yang beracun bagi otak.

 

3 dari 3 halaman

Tips Lain

6. Membuat koneksi sosial

Melakukan koneksi dengan sosial dapat membuat risiko kehilangan ingatannya lebih rendah.

Hal yang anda bisa lakukan adalah memberikan pujian atau kalimat positif pada orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun. Anda juga bisa mencoba menelepon ke teman yang sudah lama tidak dihubungi.

7. Terus belajar skill baru

Mempelajari skill baru dan memperoleh informasi adalah cara yang jauh lebih efektif untuk membuat koneksi dalam otak.

Semakin banyak koneksi yang dibuat maka semakin besar kemungkinan anda untuk mempertahankan dan bahkan bisa meningkatkan memori anda.

Penulis: Nita Suci Lydiarti 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.