Sukses

Ini Dia 5 Makanan Kaya Resveratrol yang Baik Buat Tubuh

Mendapatkan lebih banyak resveratrol dalam diet dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan dan mendukung penuaan yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta Resveratrol adalah polifenol nabati (phytoalexin) yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan ini bisa didapatkan di makanan tertentu.

“Resveratrol mengaktifkan sirtuin, yaitu enzim yang berperan dalam ekspresi gen, metabolisme, dan penuaan,” jelas Amy Shapiro Real Nutrition di New York City seperti dilansir Well and Good, Rabu (12/10/2022).

Mendapatkan lebih banyak resveratrol dalam diet dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan dan mendukung penuaan yang sehat.

"Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam resveratrol dapat menurunkan stres oksidatif, mengurangi kejadian penyakit, dan meningkatkan umur panjang," kata Shapiro. Dengan mengingat hal itu, bagaimanapun, dia mencatat bahwa manfaat perlindungan dan anti-penuaan dari resveratrol memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

Sementara polifenol dan antioksidan pada umumnya terkenal karena sifatnya yang meningkatkan kesehatan, penelitian yang ada tentang resveratrol khususnya tidak pasti, sebagian besar karena dua alasan. Pertama, sebagian besar penelitian tentang manfaat resveratrol telah dilakukan pada hewan. Misalnya, sebuah studi tahun 2018 dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa asupan resveratrol oleh tikus diabetes menunjukkan sifat antioksidan.

Para peneliti mencatat bahwa hasil ini “mungkin secara tidak langsung menunjukkan manfaat dari konsumsi makanan serta suplemen makanan yang mengandung resveratrol dalam mengurangi stres oksidatif pada lensa individu yang menderita diabetes,” namun penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengonfirmasinya.

Adapula review 2019 di jurnal Free Radical Researchmenyelidiki efisiensi nutrisi untuk penuaan sebagai bagian dari Diet Mediterania secara khusus telah terbukti mencegah penyakit termasuk patologi kardiovaskular, kanker, dan untuk mencegah penuaan.

Penulis menyimpulkan ulasan dengan menjelaskan bahwa hanya ada beberapa penelitian terkontrol yang ada pada resveratrol hingga saat ini dan menegaskan kembali bahwa bukti saat ini, meskipun meyakinkan, didasarkan pada penelitian hewan dan percobaan intervensi manusia pertama memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

Selanjutnya, jumlah resveratrol yang dicerna dalam studi ini biasanya melebihi jumlah yang Anda dapatkan secara alami melalui diet.

"Karena lebih banyak penelitian berkualitas tinggi diperlukan untuk lebih memahami efek kesehatan dari resveratrol, tidak ada asupan yang direkomendasikan saat ini," tambah Shapiro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 makanan yang mengandung resveratrol

“Seluruh makanan di bawah ini tidak hanya akan memberikan resveratrol, tetapi juga mengandung fitonutrien lain yang dapat meningkatkan kesehatan,” jelas Shapiro.

Dengan kata lain, Anda mungkin juga memprioritaskan makanan ini dalam diet untuk meningkatkan asupan resveratrol sekaligus kesejahteraan secara keseluruhan.

1. Anggur merah

“Kandungan resveratrol dalam anggur merah dapat berkisar dari 0,2 mg hingga 2 mg per gelas,” kata Shapiro.

2. Kacang tanah

Shapiro mencatat bahwa kacang mengandung 0,32 mg hingga 1,28 mg resveratrol per cangkir. Selain itu, dia juga mengingatkan bahwa kacang adalah sumber protein nabati dan lemak sehat jantung yang baik.

3. Anggur

Tidak terlalu mengejutkan bahwa anggur masuk dalam daftar ini. Namun, Shapiro memberi petunjuk bahwa kulit dan biji anggur secara khusus mengandung resveratrol tertinggi.

Seluruh buah mengandung 0,24 mg hingga 1,25 mg per cangkir. Selain itu, anggur juga menjadi sumber potasium dan serat yang baik, katanya.

4. Berry

Secara khusus, Shapiro mengatakan bahwa blueberry dan cranberry adalah sumber resveratrol terbaik dalam buah beri. Kandungan resveratrol yang tepat di masing-masing akan bervariasi.

Dia menambahkan bahwa berry juga merupakan sumber vitamin C dan serat yang baik.

5. Cokelat

Konsumsi dalam jumlah sedang, dan semakin gelap semakin baik.

“Cokelat juga merupakan sumber magnesium yang baik,” tambah Shapiro.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.