Sukses

Ternyata 4 Bahan Ini Bisa Jadi Toner Buat Perawatan Kulit Alami Lho, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Toner menjadi salah satu produk perawatan kulit yang cukup populer di dunia kecantikan saat ini. Selain bisa beli produk sesuai kecocokan kulit, toner wajah pun bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan pilihan.

Kini produk toner telah tersedia dan bisa ditemukan di hampir seluruh toko kecantikan. Bahkan Anda bisa menemukan toner dari yang berbasis alkohol hingga non-alkohol.

Bagi yang belum tahu, toner wajah biasanya digunakan untuk tujuan yang berbeda tergantung permasalahan kulit masing-masing. Namun, biasanya seseorang menggunakan toner untuk menjaga tingkat pH kulit dan mengurangi ukuran pori-pori.

Sementara beberapa jenis toner kulit tersedia di pasaran, Anda juga bisa menggunakan toner hasil buatan sendiri di rumah. Mengingat produk perawatan DIY menjadi semakin popular sehingga Anda bisa membuatnya sendiri.

Lantas, apa saja bahan pilihan yang bisa dijadikan sebagai toner dan Anda bisa membuatnya di rumah?

Berikut ini bahan-bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan toner di rumah seperti mengutip informasi dari laman Timesnownews, Jumat (16/9/2022).

1. Lidah buaya

Salah satu bahan yang bisa dijadikan sebagai toner adalah lidah buaya. Siapa sangka toner DIY ini membantu mengatasi jerawat serta kulit kering. Selain itu, juga membantu melembabkan kulit dan berfungsi untuk mencerahkan kulit.

Bahkan jika Anda mengalami kulit terbakar atau kemerahan, toner ini bekerja dengan baik untuk menenangkan kulit. Caranya cukup dengan mencampurkan air mawar dan lidah buaya secara menyeluruh dan oleskan ke kulit Anda.

2. Air mawar

Bahan selanjutnya ada air mawar. Air mawar ini dapat dikatakan sebagai toner alami yang paling banyak digunakan. Hal itu karena sifatnya yang menenangkan dan menghidrasi kulit.

Selain membeli air mawar di toko kecantikan, Anda juga bisa membuat air mawar sendiri di rumah. Cukup dengan merebus kelopak mawar dan ambil airnya. Selanjutnya Anda bisa dinginkan terlebih dahulu dan gunakan toner ini.

3. Witch hazel

Ini adalah bahan lain yang bertindak sebagai zat untuk kulit. Bahan ini membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang. Campur witch hazel dan lidah buaya dengan minyak esensial dan oleskan ke kulit Anda setelah dibersihkan. Ini juga membantu meminimalkan ukuran pori-pori Anda.

4. Mentimun dan witch hazel

Terakhir ada mentimun. Bagi yang belum tahu, mentimun ini biasa dijadikan sebagai bahan untuk mendinginkan dan menghidrasi kulit. Lalu ketika witch hazel dicampur dengannya, toner ini membantu menenangkan kulit dan juga menjaga tingkat pH kulit.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS