Sukses

Ingin Beli Berlian? Ikuti 6 Tips Berikut Biar Tidak Tertipu

Liputan6.com, Jakarta Beli berlian bisa menjadi pengalaman yang menakutkan sekaligus membingungkan bagi sebagian orang khususnya yang baru pertama kali. Lantas, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli berlian agar tidak tertipu atau menyesal di kemudian hari?

Melansir laman CNA Lifestyle, Sabtu (18/6/2022), berikut ini tips beli berlian jika Anda bingung karena baru pertama kali membeli.

 

2 dari 3 halaman

Cari tahu 4C

Dasar-dasar beli berlian yang harus diketahui secara alami adalah 4C, yaitu cut, colour, clarity, dan carat atau potongan, warna, kejernihan, dan berat karat.

Meskipun semuanya merupakan aspek penting yang berkontribusi pada keindahan berlian secara keseluruhan, yang lebih penting adalah memahami bagaimana reaksi antara satu sama lain.

Beli secara langsung

Cara terbaik untuk memahami apa yang membedakan berlian yang baik dari yang benar-benar luar biasa adalah dengan melihatnya secara langsung.

Seringkali, perbedaan tipis dalam warna dan ukuran berlian biasanya tidak terlihat, kecuali jika Anda membandingkan dua batu secara berdampingan. Perbedaan harga di antara keduanya, bagaimanapun, kadang-kadang bisa sangat signifikan. Namun, perbandingan tersebut dapat membantu Anda memutuskan mana pilihan yang lebih baik.

Pilih model

Setelah itu, langkah berikutnya adalah menentukan model. Apakah berlian tersebut akan dijadikan cincin atau mungkin liontin atau anting-anting? Tentu sesuaikan dengan keinginan Anda.

 

3 dari 3 halaman

Sertifikasi

Bagian penting dari pembelian berlian adalah sertifikasi. Tanpa ini, tidak ada bukti keaslian, kualitas, dan nilai berlian.

Sertifikasi harus dikeluarkan oleh laboratorium penilaian berlian yang diakui secara internasional – dua entitas yang paling bereputasi dan tepercaya secara luas adalah GIA dan AGS.

 Sumber berlian

Penting bagi Anda pembeli berlian untuk mengetahui dari mana asal berlian itu. Perdagangan berlian telah lama dikenal karena kurangnya transparansi, itulah sebabnya membuat reputasi berlian menurun.

Proses penjualan di masa depan

Selera seseorang untuk perhiasan tidak mungkin sama dari waktu ke waktu alias dapat berubah. Itulah alasan Anda harus menanyakan proses penjualan atau menukarkan pembelian berlian di masa mendatang sebelum Anda membayarnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati