Sukses

Kenali Jenis-jenis Madu dan Beragam Manfaatnya Bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Madu adalah cairan kental berwarna keemasan yang dihasilkan oleh lebah. Ada beragam jenis madu yang masing-masing memiliki manfaat berbeda.

Melansir laman Indian Express, Kamis (17/33/2022), madu kaya akan fitokimia dan anti-oksidan. Keduanya dikenal dapat membantu pencernaan dan kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, madu juga memiliki sifat anti-bakteri. Jadi, cairan yang diproduksi dari lebah ini dapat menenangkan dan meningkatkan kesehatan kulit ketika dioleskan.

Dibanding madu komersial yang tersedia di pasaran dan telah dipasteurisasi, seorang Kepala Nutrisi Klinis dan Dietetik di Rumah Sakit Max, Shalimar Bagh Geeta Buryok menyarankan untuk mengonsumsi madu mentah. Sebab, madu tersebut memiliki manfaat kesehatan yang lebih kuat khususnya dalam penyembuhan luka dan melawan infeksi.

Catatan darinya, tetapi sebaiknya madu mentah itu jangan diberikan kepada bayi. Hal ini karena madu mentah mungkin mengandung bakteri yang menyebabkan botulisme, terutama pada anak-anak.

Selain itu, dia juga menyarankan pasien diabetes, orang yang sedang mengalami peradangan, resistensi insulin, penyakit hati, dan jantung untuk tidak mengonsumsi madu karena memiliki kandungan gula yang tinggi.

 

2 dari 2 halaman

Jenis dan Manfaat Madu

Lebih lanjut, berikut ini jenis-jenis madu yang baik digunakan karena dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

a. Madu kayu putih: membantu dalam mengobati luka dan bisul

b. Madu Karanja: membantu melawan infeksi

c. Madu Rapeseed: membantu pengobatan osteoporosis

d. Madu leci: bekerja sangat baik dalam pencernaan

e. Madu bunga matahari: dapat digunakan sebagai obat sakit tenggorokan dan flu biasa

f. Madu akasia: membantu dalam pemulihan luka

g. Madu hutan: baik untuk kulit dan rambut, dapat dioleskan untuk masker wajah, lulur, dll.

h. Madu multifloral: meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati