Sukses

Antara Foundation dan Concealer, Mana Dulu yang Sebaiknya Diterapkan?

Proses merias wajah ini terkait pemakaian Foundation dan Concealer masih menuai perdebatan.

Liputan6.com, Jakarta Orang awam seringkali merasa bingung ketika hendak merias wajah. Entah harus menerapkan foundation atau concealer terlebih dahulu. Menyikapi hal tersebut, keduanya yang pasti memiliki kelemahan dan kelebihan dalam proses menerapkannya.

Sementara itu, proses merias wajah ini akhirnya bisa menimbulkan pro dan kontra. Ada yang mengatakan bahwa lebih baik menerapkan foundation terlebih dahulu. Ada pula yang berpendapat gunakan concealer lebih dulu sebelumnya.

Berawal dari perbedaan pendapat iulah, seorang penata rias profesional akhirnya membagikan kelebihan dan kelemahan ketika seseorang menggunakan foundation atau concealer terlebih dahulu.

Melansir laman Real Simple, Kamis (10/2/2022), berikut ini pertimbangan dalam penggunaan foundation dan concealer ketika Anda menginginkan produk mana dulu yang ingin diterapkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggunaan Foundation Sebelum Concealer

Sebagian besar penata rias dan editor kecantikan termasuk tim foundation. Alas bedak seharusnya menjadi dasar riasan. Dengan kata lain, foundation berarti masuk akal jika diterapkan pertama kali.

Penggunaan foundation lebih awal juga berguna terutama ketika Anda ingin menyembunyikan ketidakrataan, kemerahan, atau noda pada kulit.

"Sebagai seorang seniman profesional, saya lebih suka mengaplikasikan alas bedak terlebih dahulu sehingga ketika saya membaurkan concealer ke alas bedak, itu terlihat benar-benar mulus," tutur salah satu penata rias selebriti dan pendiri Glamazon Beauty Kim Baker.

Sementara bila Anda menggunakan concealer terlebih dahulu, seringkali dia akan berpindah dari area seperti semula. Padahal tujuan penggunaannya Anda ingin concealer tersebut digunakan untuk menutupi area noda pada kulit.

Di samping itu, proses tersebut juga termasuk pemborosan produk. Foundation bertujuan untuk meratakan warna kulit dan membantu concealer menutupi area gelap. Jika Anda mengoleskan terlalu banyak di bawah alas bedak Anda, itu dapat menyebabkan kulit akhir Anda terlihat seperti kue.

Salah satu penata rias selebriti dan Duta Merek CATRICE Cosmetics Robert Sesnek mengatakan, dia lebih suka mengaplikasikan alas bedak dengan tipis.

"Saya akan mengatakan 90 persen dapat sempurna dengan hanya menggunakan alas bedak dan kemudian saya akan melapisi concealer jika perlu. Ini memungkinkan untuk hasil yang lebih lembut, lebih ringan,” jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Penggunaan Concealer Sebelum Foundation

Akan tetapi, bila Anda ingin menerapkan concealer terlebih dahulu itu pun ada manfaatnya. Salah satunya ketika Anda berencana untuk difoto, misalnya, mungkin ide yang baik adalah menggunakan concealer terlebih dahulu sebelum foundation. Sebab, flash dapat menonjolkan titik di mana concealer diterapkan.

"Saya melakukan teknik ini untuk editorial, pemotretan, atau penampilan televisi," kata Sesnek.

Lebih lanjut dia mengatakan, "Dengan menambahkan concealer terlebih dahulu lalu highlight dan contouring, Anda dapat mengembalikan warna kulit, tetapi dengan cara yang lebih tepat dan terkontrol."

Sebagai tambahan, bila Anda ingin menerapkan concealer terlebih dahulu untuk menutupi noda dan concealer Anda tidak cocok dengan foundation Anda.

Baker menjelaskan, "Jika concealer Anda terlalu terang, saat itulah masuk akal untuk mengaplikasikan alas bedak di atas concealer untuk menyembunyikan fakta bahwa produk tersebut tidak memiliki warna yang sama.”

Terakhir, penata rias dan pendiri Veil Cosmetics Sebastien Tardif menambahkan bahwa jika Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau perubahan warna yang memerlukan koreksi warna , mungkin ada baiknya menerapkan concealer koreksi warna sebelum alas bedak, kemudian oleskan kembali concealer.

"Manfaat mengoleskan concealer pertama adalah sesuai dengan asal masalah. Foundation tidak benar-benar melakukan apa pun untuk menyembunyikan perubahan warna atau kelelahan di sekitar mata, sehingga memiliki dasar koreksi warna dapat lebih efektif menetralisir munculnya kelelahan," jelasnya.

Jika ingin membuat kontur wajah, Anda dapat menggunakan concealer dua tingkat lebih terang dari warna kulit Anda lagi, setelah alas bedak.

"Concealer yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit Anda bertindak sebagai highlighter, yang sering kita lihat di media social. Dengan melakukan ini, Anda dapat mencerahkan area mata dan mendapatkan tampilan berkontur—ini adalah win-win," kata Tardif.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.