Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini Dia Manfaat Teh Tulsi

Liputan6.com, Jakarta Teh tulsi yang mungkin tidak cukup populer di kalangan masyarakat ternyata memiliki beragam manfaat yang diberikan. Selain mengusir serangga, jenis teh satu ini juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh manusia.

Khususnya di tengah pandemi yang masih melanda, secangkir teh tulsi hangat dapat membantu Anda menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mencegah penyakit yang mungkin akan menyerang. Sebab, daun tulis mengandung beragam vitamin, seperti vitamin A, C, dan K.

Tidak hanya itu, teh tulsi juga mengandung beberapa jenis mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor, zinc, dan potasium serta diperkaya oleh banyak protein dan serat.

Atas kandungannya tersebut, salah satu pakar ayuverda Dixa Bhavsar akhirnya membeberkan apa saja manfaat yang diberikan oleh teh tulsi ini. Melansir laman Hindustan Times, Senin (17/1/2022), berikut ini manfaat yang ditawarkan oleh teh tulsi.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah dikatakan, teh tulsi dianggap mampu menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Teh ini menjadi salah satu herbal antivirus dan anti kolesterol terbaik. Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, teh tulsi juga berperan dalam merawat kesehatan jantung.

Penghilang Stres

Jangan salah, teh tulsi juga bermanfaat sebagai pereda stres. Sebagai adaptogen dan penghilang stres yang baik, teh tulsi dinilai mampu membantu menenangkan pikiran dari hal-hal yang mengganggu.

"Di era modern sekarang ini, teh tulsi termasuk delegasi dalam sebuah penelitian karena kemampuannya untuk mengekang sisa radioterapi," jelas Bhavsar.

 

2 dari 2 halaman

Pengusir Serangga

Selain membantu menjaga kesehatan tubuh, tulsi juga bisa dijadikan sebagai alternatif pengusir serangga.

"Mengoleskan tulsi pada tubuh dianggap sebagai pengusir serangga yang sempurna dan efeknya bertahan lebih dari dua jam,” jelas Bhavsar.

Lebih lanjut dia mengatakan, “Kemampuannya untuk mengusir serangga itu karena tulsi memiliki semua sifat sebagai zat, kemangi bertindak sebagai tonik kulit yang efektif.”

Manfaat Lainnya

Selain memiliki manfaat seperti yang sudah disebutkan, tulsi banyak dipercaya sebagai obat yang digunakan untuk demam dan pilek. Bahkan juga bisa untuk diabetes.

Di samping itu, juga ada manfaat lainnya yang diberikan oleh tulsi. Adapun manfaatnya antara lain sebagai stimulan pencernaan, antiemetik (efektif melawan muntah dan mual), antitoksik, pereda disuria (sakit atau sulit buang air kecil), ekspektoran, adaptogen, anti kanker, antioksidan, pelarut batu dan banyak lagi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati