Sukses

Punya Rambut Berwarna? Begini Cara Merawatnya dengan Baik

Liputan6.com, Jakarta Mewarnai rambut adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan mewarnai rambut, seseorang dapat bereksperimen dalam berpenampilan. Tidak sedikit pula orang yang memutuskan untuk mewarnai rambut hanya sekadar untuk menambah pesona kecantikan. Namun, memiliki rambut berwarna itu artinya harus siap pula merawatnya secara ekstra.

Banyak orang beranggapan bahwa mewarnai rambut hanya dapat merusak rambut. Sebetulnya diwarnai atau tidak, itu akan sama saja merusak rambut jika tidak merawatnya dengan baik.

Lalu bagaimana cara merawat rambut yang berwarna dengan baik?

Melansir laman Pinkvilla, Kamis (2/12/2021), berikut ini kiat-kiat menjaga rambut yang berwarna tetap ternutrisi, terhidrasi, serta merawatnya dengan baik.

1. Pilih produk yang tepat

Rambut yang baru diwarnai dapat dengan mudah rusak jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Untuk memastikan warna bertahan lama, Anda perlu memilih produk pelindung rambut yang tepat. Hal itu gunanya membantu rambut tetap sehat.

Anda mungkin bisa menggunakan sampo dan kondisioner sebagai pelindung warna rambut. Produk seperti itu dinilai dapat membantu membentuk lapisan pelindung di atas batang rambut sehingga mampu menjaga warna agar tidak pudar.

Dalam penggunaan sampo, Anda bisa membeli dan menggunakan sampo bebas sulfat. Sebab, produk sampo yang tidak mengandung bahan tersebut merupakan pilihan yang baik karena tidak menghilangkan minyak alami dari rambut.

2. Jangan terlalu sering mencuci rambut

Anda perlu tahu bahwa sering mencuci rambut juga berpengaruh terhadap warna rambut. Sebab, warna rambut akan mudah pudar jika Anda sering mencuci rambut.

Jadi untuk membuat warna rambut lebih tahan lama, cobalah mencuci rambut jarang-jarang. Jika Anda biasa mencuci tiga kali seminggu, coba untuk menguranginya menjadi dua kali seminggu. Hal ini akan membantu warna rambut bertahan lebih lama. Lebih dari itu, bahkan mampu menjaga minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala sehingga menyehatkan rambut Anda.

 

 

2 dari 2 halaman

Tips Lainnya

3. Gunakan air dingin untuk mencuci rambut

Ketika mencuci rambut, sebaiknya gunakan air dingin. Anda jangan coba mencuci rambut dengan air panas.

Mencuci rambut dengan air panas hanya dapat menyebabkan hilangnya kelembapan rambut dan membuatnya kusut. Dibanding air panas, cucilah rambut mengugnakan air dingin. Sebab, air dingin dapat mengunci kutikula, mengendalikan rambut keriting, dan mengunci warna di batang rambut.

4. Gunakan sampo kering

Selain mencuci rambut dengan sampo lalu membilasnya dengan air, Anda juga bisa mencuci rambut dengan sampo kering. Bahkan jika memang Anda tidak mencuci rambut dengan sampo, menggunakan sampo kering adalah ide yang baik. Itu akan membuat rambut Anda merasa segar. Lebih dari itu, bahkan sampo kering juga daat menghidrasi rambut secara menyeluruh. 

5. Berikan nutrisi untuk rambut

Di samping melakukan perawatan rambut dengan sampo atau kondisioner, Anda juga perlu mengimbangi dengan memberikan protein rambut. Hal ini karena kerusakan protein juga bisa memengaruhi warna rambut.

Tanda rambut membutuhkan protein adalah ketika terasa lepek saat basah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan masker rambut yang mengandung protein setidaknya seminggu sekali. Selain menjaga minyak alami yang dihasilkan rambut, masker rambut juga dapat membuat rambut berkilau.

Apabila Anda ingin membuat masker rambut secara sederhana di rumah, bisa menggunakan telur dan 2 sdm mayones. Campurkan sampai merata kedua bahan tersebut dan oleskan pada rambut Anda. Kemudian biarkan selama 45 menit. Setelah itu, bilaslah hingga bersih. 

6. Potong rambut jika sudah terlalu panjang

Semakin panjang, rambut Anda kian rentan terhadap banyak kerusakan. Terlebih setelah mewarnai rambut.

Karena itu, demi menjaga kesehatan rambut, pertimbangkanlah untuk memotong rambut setidaknya setiap 6-8 minggu sekali. Dengan begitu, Anda dapat mencegah kerusakan rambut. 

7. Melembabkan rambut Anda

Layaknya tubuh, rambut pun perlu terhidrasi dengan baik. Kehilangan kelembapan dan terasa kering memang umum terjadi akibat dari pewarnaan rambut.

Untuk mengatasinya tentu Anda perlu menghidrasi rambut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan co-washing, oiling, atau menggunakan paket perawatan rambut. Gunakanlah paket perawatan rambut yang mengandung bahan, seperti alpukat, pisang, madu, santan, minyak vitamin E, dan gel lidah buaya.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati