Sukses

Ingin Turunkan Berat Badan? Coba 5 Resep Minuman Kopi Ini

Kopi yang dicampurkan dengan beberapa bahan tertentu ternyata bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda suka mengonsumsi kopi di pagi hari? Jika iya, ada kabar baik untuk Anda khususnya bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Kopi yang dicampurkan dengan beberapa bahan tertentu ternyata bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Minuman yang mengandung kafein ini sangat baik untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga. Kopi memberikan energi yang dibutuhkan tubuh, membantu mempercepat laju metabolisme, hingga membakar lemak.

Melansir dari Times of India, Minggu (24/10/2021), berikut adalah beberapa resep kopi untuk membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cinnamon Coffee

Sejumput kayu manis dalam secangkir kopi hitam atau espresso membuat minuman menjadi lebih sehat. Gabungan antara kafein dan antioksidan dalam kayu manis membantu proses penurunan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme.

Untuk membuat resep ini, Anda bisa menyeduh kopi hitam dengan tambahan 1/4 sendok teh kayu manis dan madu.

2. Bullet Coffee

Bullet coffee terdiri dari kopi, minyak, dan mentega. Kopi krim ini dibuat dengan minyak medium-chain triglyceride (MCT) atau trigliserida rantai menengah dan mentega tawar yang diseduh dengan menggunakan teknik french press. Semua bahan tersebut dicampurkan menjadi satu sampai menjadi krim.

Bullet coffee bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, memberikan rasa kenyang, meningkatkan fokus, hingga menurunkan berat badan.

Untuk membuat bullet coffee sederhana, Anda membutuhkan 1 1/2 cangkir french press panas, 1 sendok makan mentega, minyak kelapa, dan sejumput garam laut. Selanjutnya, aduk rata campuran tersebut.  

3 dari 4 halaman

3. Lemon Coffee

Campuran kafein, asam sitrat, dan vitamin C yang terdapat dalam lemon membantu meningkatkan metabolisme sekaligus mengaktifkan hormon pembakar lemak. Tentunya, hal ini akan membantu menghilangkan lemak.

Oleh karena itu, campuran lemon dan kopi ini sangat baik untuk manajemen berat badan.

Anda bisa menambahkan 1/2 perasan lemon ke dalam secangkir kopi bersama dengan sejumput kayu manis. Tujuannya untuk membantu meningkatkan proses pembakaran lemak.

Resep ini juga bisa membantu membuang racun dari tubuh dan mempercepat laju metabolisme. Lebih lanjut, kandungan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Black Coffee

Segelas kopi hitam bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Kehadiran kafein dalam kopi membantu meningkatkan energi.

Selain itu, asam klorogenat dalam kopi membantu mempercepat proses pembakaran lemak.

Anda bisa menambahkan 1 sendok teh kopi dengan air panas. Tambahkan sejumput pala untuk menonjolkan aroma dan meningkatkan khasiat minuman.

4 dari 4 halaman

5. Dark Chocolate Coffee

Cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan dan monounsaturated fatty acids (MUFA) atau lemak tak jenuh tunggal.

Kandungan dalam cokelat tersebut bekerja dengan sangat baik apabila dikombinasikan dengan kopi yang kaya kafein.

Resep ini membantu untuk meningkatkan metabolisme, memberikan rasa kenyang, serta menurunkan berat badan.

Selain itu, kopi cokelat hitam ini akan menekan nafsu makan dan mengurangi hormon Ghrelin yang mengatur rasa lapar.

Reporter: Shania

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini