Sukses

Cara Sederhana Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh saat Pandemi Belum Berakhir

Liputan6.com, Jakarta Penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terpapar virus COVID-19. Cara sederhana yang bisa diterapkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah mengubah kebiasaan sehari-hari, mulai dari pola konsumsi makanan hingga jadwal tidur.

Makanan memiliki peranan penting untuk menentukan kesehatan dan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, Anda bisa mulai menerapkan diet seimbang dengan memperhatikan kombinasi makanan yang dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi saat menerapkan diet seimbang, seperti yang dilansir dari The Indian Express, Jumat (22/10/2021).

1. Makanan rendah karbohidrat yang membantu mengontrol gula darah dan tekanan darah tinggi.

2. Makanan kaya protein yang membuat tubuh tetap bugar.

3. Sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan beta karoten, asam askorbat, dan vitamin esensial lainnya.

4. Suplemen yang kaya akan asam lemak omega 3 dan 6.

5. Makanan herbal, seperti bawang putih, daun basil, jintan hitam, jahe, atau kunyit.

6. Biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti biji bunga matahari, biji rami, biji labu, dan biji melon yang menjadi sumber protein dan mengandung vitamin E.

7. Probiotik, seperti yoghurt dan makanan fermentasi untuk melindungi kesehatan sistem pencernaan yang berperan dalam penyerapan nutrisi tubuh.  

2 dari 2 halaman

Cara Lainnya

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, Anda juga harus menerapkan beberapa kebiasaan sehari-hari berikut ini untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

1. Tidur yang Cukup

Cara terbaik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah tidur selama 7-8 jam dalam sehari. Kurang tidur bisa mengganggu aktivitas otak dan membuat Anda lelah.

2. Menjaga Asupan air

Pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan minum sekitar 10-14 gelas air per hari. Hal ini membantu membuang racun dari dalam tubuh.

3. Olahraga dan Meditasi

Olahraga ringan selama 30 menit, seperti jalan kaki, yoga, peregangan, dan kardio membangun stamina dan membantu Anda tetap berenergi sepanjang hari.

Selain olahraga, Anda juga bisa melakukan meditasi yang bisa melepaskan stres.

4. Hindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan untuk merokok dan mengonsumsi alkohol memiliki korelasi langsung antara melemahnya kekebalan tubuh dan penyakit pernapasan.

Merokok terbukti melemahkan paru-paru dan menghancurkan sel-sel yang melapisi saluran pernapasan. Padahal, sel-sel ini sangat penting untuk melawan virus yang masuk melalui lubang hidung.

Kemudian, sebuah penelitian baru mengklaim bahwa individu pecandu berat alkohol cenderung menderita Acute Respiratory DiStress Syndrome (ARDS), salah satu kondisi yang disebabkan oleh infeksi virus.

Reporter: Shania