Sukses

Hindari Keinginan Konsumsi Gula dengan 4 Tips Ini

Pecinta makanan manis akan sulit lepas dari gula. Padahal, gula memiliki kalori kosong atau nilai gizi yang hanya sedikit.

Liputan6.com, Jakarta Pecinta makanan manis akan sulit lepas dari gula. Padahal, gula memiliki kalori kosong atau nilai gizi yang hanya sedikit.  

Meskipun Anda mencoba untuk membatasi porsi gula harian, keinginan untuk mengonsumsi gula pasti muncul. Hal ini bisa terjadi karena Anda belum makan dengan benar, memiliki tekanan darah yang rendah, hingga berada dalam kondisi depresi.

Tidak memenuhi keinginan untuk mengonsumsi gula adalah pilihan yang baik dalam jangka pendek. Sebaliknya, tindakan tersebut juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Dengan demikian, satu-satunya cara terbaik adalah mencoba untuk menghindari keinginan mengonsumsi gula. Melansir dari Mag for Women, Senin (13/9/2021), berikut keempat tipsnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Makan Camilan Sehat

Jadikan buah-buahan sebagai camilan pengganti gula. Bahkan, Anda bisa memotong timun atau wortel dan langsung memakannya setiap kali menginginkan sesuatu yang manis.

Camilan sehat tersebut tidak hanya menghentikan keinginan Anda untuk mengonsumsi gula, tetapi juga membuat perut menjadi kenyang.

2. Mengonsumsi Makanan yang Seimbang

Apabila setiap hari makan dengan seimbang, kemungkinan besar keinginan Anda untuk mengonsumsi gula akan hilang. Pasalnya, tubuh sudah mendapatkan nutrisi yang diperlukan dari makanan tersebut.

Selanjutnya, jangan pernah membiarkan perut dalam keadaan kosong. Pisahkan makanan menjadi beberapa bagian dan makanlah sebanyak 5-6 kali dalam sehari jika diperlukan. 

3 dari 3 halaman

3. Minum Jus Buah atau Sayuran

Meskipun jus buah baik bagi tubuh, minuman tersebut memiliki gula alami yang mungkin tidak baik bagi penderita diabetes. Pilihan lainnya adalah mengonsumsi jus sayuran yang memiliki rasa pahit dan bisa membuat Anda terasa kenyang.

Saat keinginan untuk mengonsumsi gula mulai bisa terkontrol karena rasa pahit dari jus sayuran, Anda akan secara sukarela tidak ingin mengonsumsi gula lagi.

4. Jangan Simpan Makanan Manis di Kulkas

Cobalah untuk tidak menyimpan makanan manis di kulkas. Jauhkan juga dari area dapur.

Ketika tidak bisa menemukan makanan manis, Anda akan menjadi kesal. Setelah beberapa hari kemudian, Anda tidak akan lagi memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini