Sukses

Adaptasi Novel Inspiratif Karya Andrea Hirata, Ini Sinopsis Film Laskar Pelangi

Laskar Pelangi menceritakan tentang 10 anak yang bersekolah di sebuah pondok sekolah dasar yang penuh keterbatasan di Belitung.

Liputan6.com, Jakarta Laskar Pelangi merupakan film yang cukup fenomenal di Indonesia pada 2008 silam. Kala itu, film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata ini mendapatkan sambutan positif dari penonton.

Di film Laskar Pelangi, Riri Riza tak hanya bertindak sebagai sutradara. Ia juga menggarap naskahnya bersama Salman Aristo dan Mira Lesmana. Layar lebar berdurasi 125 menit ini pun berhasil memeroleh 4,6 juta penonton.

Bercerita tentang perjalanan hidup anak-anak desa di Belitung. Semangat mereka untuk belajar sangat tinggi meskipun kondisi sekolah di sana sangat sederhana.

Memiliki cerita yang inspiratif, berikut sinopsis film Laskar Pelangi selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinopsis Film Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi bercerita tentang anak-anak yang bersekolah di sebuah pondok sekolah dasar di Belitung. Pada tahun 1970 di Desa Gantong, Pulau Belitung terdapat sebuah bangunan sekolah. Namun kondisinya kurang layak.

Bernama SD Muhammadiyah Gantong, bangunan ini dan menjadi satu-datunya tempat menimba ilmu anak-anak di desa tersebut. Bahkan, sekolah ini juga terancam ditutup oleh pemerintah setempat karena jumlah siswanya yang terus berkurang.

Akhirnya, nasib SD Muhammadiyah Gantong pun tertolong dengan kehadiran dua murid baru, yakni Harun (Jeffry Yanuar) dan Lintang (Ferdian). Bu Muslimah (Cut Mini), guru yang mengajar di sana juga semakin bersemangat untuk mendidik murid-muridnya.

Bu Muslimah percaya bahwa anak didik yang ia juluki sebagai Laskar Pelangi itu akan menjadi orang hebat di tengah keterbatasan yang mereka miliki.

3 dari 3 halaman

Tak Punya Dana

Hal ini dibuktikan dengan kreatifitas yang mereka tunjukan saat mengikuti lomba antar sekolah. Tidak hanya itu, prestasi demi prestasi lainnya diperlihatkan oleh Ikal (Zulfanny) dan Sahara (Dewi Ratih Ayu Safitri) dengan memenangkan perlombaan cerdas cermat.

Sampai suatu ketika Lintang memutuskan untuk berhenti sekolah karena tidak memiliki dana. Namun, tekad dan ikatan persahabatan mereka yang kuat akhirnya dapat membuat Lintang kembali bersekolah. 

Lalu, bagaimana kelanjutan cerita Ikal dan teman-temanya? Saksikan dalam film Laskar Pelangi kini hadir di layanan streaming Vidio.

 Penulis : Aulia Putri Andrika 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.