Sukses

Kata Ahli, Begini 3 Cara Efektif Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi di Wajah

Sebenarnya, masalah hiperpigmentasi kulit ini teratasi dengan pengobatan dan perawatan menggunakan produk yang cocok untuk kulit. Bahkan menggunakan bahan alami pun bisa saja. Anda akhirnya bisa mendapatkan kembali kulit yang mulus, bersih, dan berkilau.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa bintik hitam, bekas jerawat, atau bekas luka pada wajah dapat membuat penampilan terasa tidak maksimal. Bahkan banyak orang merasa tidak percaya diri dengan masalah tersebut.

Akhirnya salah satu cara terakhir mengatasinyanya adalah menggunakan alas bedak atau concealer untuk menutupi masalah tersebut. Namun sayangnya, itu hanya sementara.

Sebenarnya, masalah hiperpigmentasi kulit ini teratasi dengan pengobatan dan perawatan menggunakan produk yang cocok untuk kulit. Bahkan menggunakan bahan alami pun bisa saja. Anda akhirnya bisa mendapatkan kembali kulit yang mulus, bersih, dan berkilau.

Namun, jika Anda takut untuk mencoba perawatan beberapa produk yang dibeli di pasaran, Anda bisa coba dulu perawatan menggunakan bahan alami. Seorang dokter yang berbasis di Delhi Vijay Singhai membagikan sarannya untuk mengatasi hal ini. Dikutip dari laman Timesnownews, Jumat (13/08/2021), berikut ini tipsnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jadikan cuka sari apel sebagai toner wajah

Cuka sari apel mengandung asam asetat. Kandungan tersebut dapat membantu Anda menghilangkan hiperpigmentasi dan bintik hitam pada area wajah. Bahan ini memang populer dan sudah banyak digunakan di dunia kecantikan. Anda bisa mencobanya.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan cuka sari apel ini dengan air di dalam mangkuk. Selanjutnya, oleskanlah cuka sari apel tersebut pada wajah Anda menggunakan kapas.

Diamkan terlebih dahulu selama 2-3 menit, setelah itu bilaslah dengan air hangat. Lakukan cara ini setidaknya dua kali dalam sehari untuk hasil yang baik.

 

3 dari 4 halaman

2. Oleskan aloe vera pada wajah

Selain cuka sari apel, aloe vera pun cukup populer di dunia kecantikan. Di dalam aloe vera ini mengandung aloin sehingga mampu membant mencerahkan kulit.

Bahkan aloe vera ini dianggap dapat bekerja secara efektif sebagai perawatan hipepigmentasi karena tidak mengandung bahan beracun.

Caranya, oleskanlah gel aloe vera ini ke area wajah yang ada bintik atau flek hitam. Lakukanlah sebelum tidur di malam hari.

Setelah mengoleskannya, Anda jangan langsung mencuci wajah. Biarkanlah gel tersebut menempel pada wajah Anda selama semalaman. Keesokan harinya, barulah Anda bersihkan. Anda bisa melakukan cara ini setiap hari dan lihatlah perbedaannya.

 

4 dari 4 halaman

3. Teh hijau

Menurut beberapa penelitian, ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi dan dapat membantu mengurangi bintik hitam di wajah. Jika Anda memiliki stok teh hijau, manfaatkanlah untuk perawatan wajah.

Ambil dan rendam teh dalam air hangat selama beberapa menit. Kemudian, keluarkan teh celup tersebut dan biarkan dingin selama. Setelah itu, gosok kantong teh secara perlahan ke area wajah yang ada bintik atau flek hitam. Lakukanlah setidaknya dua kali sehari untuk hasil terbaik.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini