Sukses

Perhatikan, Begini Cara Benar Perawatan Wajah Menggunakan Kunyit

Agar hasilnya tidak mengecewakan, ikutilah beberapa tips ini untuk menggunakan kunyit sebagai bahan perawatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Tidak sedikit orang tahu bahwa kunyit memiliki banyak manfaat. Bisa bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Di dunia kecantikan, kunyit bisa dijadikan sebagai bahan perawatan wajah. Namun, kebanyakan dari mereka pun seringkali tidak menyadari bagaimana cara yang benar untuk menggunakan bahan ini. Pada akhirnya, mereka justru akan melakukan kesalahan dalam perawatan.

Kunyit menjadi salah satu bahan yang cukup populer selama pandemi. Orang-orang banyak menggunakannya untuk perawatan kulit.

Akan tetapi, banyak pula yang tidak tahu bagaimana cara yang benar untuk menggunakan kunyit sebagai perawatan kulit khususnya wajah.

Agar hasilnya tidak mengecewakan, ikutilah beberapa tips ini untuk menggunakan kunyit sebagai bahan perawatan kulit, seperti dikutip dari laman Times of India, Senin (2/8/2021).

1. Jangan campurkan dengan bahan lain

Mencampurkan kunyit dengan bahan lain adalah sebuah ide yang buruk. Terkadang banyak orang mencampurkan kunyit dengan bahan lain, seperti air mawar, air jeruk nipis, susu, dan sebagainya. Padahal, hal ini tidak baik.

Terlalu banyak bahan campuran, justru akan membahayakan kulit. Mengingat kunyit ini mengandung bahan aktif curcumin yang merupakan agen anti-inflamasi yang sangat baik.

Oleh karena itu, tidak masalah jika menggunakan kunyit saja untuk dijadikan masker wajah. Mungkin bisa menambahkan air sedikit, itu sudah cukup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Jangan diterapkan terlalu lama

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, kunyit ini juga dikenal sebagai salah satu bahan pewarna alami.

Ketika kunyit dijadikan sebagai masker wajah, janganlah diterapkan terlalu lama. Jika diterapkan terlalu lama justru akan membuat wajah ternodai. Mungkin wajah akan menguning karena kunyit.

Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak menerapkan kunyit terlalu lama saat dijadikan masker. Selain itu, juga harus membilas wajah dengan sangat bersih dan benar agar noda atau warna dari kunyit tidak tertinggal.

3. Cuci wajah secara menyeluruh

Mencuci wajah secara menyeluruh adalah poin terpenting. Setelah membersihkan kunyit dari wajah, bilaslah dengan air. Lakukan dengan cara yang benar.

Perlu diingat, jangan gunakan sebuah paket untuk wajah ketika hendak melakukan perawatan seperti ini.

Ini merupakan salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan yaitu ketika seseorang mencuci wajah dengan sabun atau membersihkan wajah setelah menggunakan paket wajah. Hal ini justru akan menghapus semua perawatan dari paket wajah sebelumnya yang berarti akan sia-sia.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.