Sukses

Menurut Penelitian, Stroberi Bermanfaat untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Liputan6.com, Jakarta Stroberi adalah salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C. Buah berwarna merah ini dipercaya dapat membantu seseorang dalam membangun kekebalan tubuhnya. Di samping itu, stroberi juga ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut sebuah penelitian yang berjudul “Dietary Strawberries Improve Cardiometabolic Risks in Adults with Obesity and Elevated Serum LDL Cholesterol in a Randomized Controlled Crossover Trial” yang diterbitkan dalam Nutrients mengatakan, penurunan risiko kardiometabolik dikaitkan dengan konsumsi stroberi.

Di samping itu, Emma Derbyshire, seorang ahli gizi kesehatan masyarakat dan penasihat badan industri British Summer Fruits mengatakan, “Ini adalah temuan yang menarik. Hidup sehat, termasuk makan sehat, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah penambahan berat badan, dan menurunkan risiko diabetes.”

Mengonsumsi banyak buah dan sayur itu penting untuk kesehatan. Semenjak penelitian ini ditemukan, buah beri satu ini bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi seseorang, khususnya dalam meningkatkan kesehatan jantung.

“Konsumsi stroberi saat sarapan, sebagai camilan, atau dengan membuatnya menjadi yogurt dan makanan penutup,” ujar Emma.

Selain dipercaya untuk meningkatkan kesehatan jantung, berikut ini manfaat lain dari stroberi, seperti dikutip dari laman Timesnownews, Sabtu (10/7/2021).

1. Mengurangi stres

Kandungan antioksidan dalam buah ini dinilai dapat membantu seseorang mengurangi stres oksidatif.

 

 

2 dari 2 halaman

2. Membantu dalam pengaturan diabetes tipe 2

Buah stroberi juga dipercaya untuk membantu penderita diabetes tipe 2.

3. Mengatasi sembelit

Selain mengandung antioksidan, buah stroberi juga kaya akan serat dan gula sederhana yang dapat membantu mengatasi sembelit.

Tambahkan Stroberi ke Dalam Daftar Makanan Diet

Ketika Anda sedang diet, buah stroberi juga baik untuk dikonsumsi. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara. Bisa dijadikan camilan sehat, dijadikan makanan penutup, salad buah, atau bahkan dibuat jus.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati