Sukses

11 Cara Mudah Bikin Rutinitas Pagi Jadi Lebih Sehat

Saat kondisi pandemi terus berlanjut, menyiapkan rutinitas pagi hari dan memastikan gaya hidup yang sehat telah menjadi sedikit lebih sulit.

Liputan6.com, Jakarta Saat kondisi pandemi terus berlanjut, menyiapkan rutinitas pagi hari dan memastikan gaya hidup yang sehat telah menjadi sedikit lebih sulit. Tetapi, Stephanie Mansour dapat membantu mengubah rutinitas pagi Anda menjadi lebih sehat.

Stephanie Mansour adalah pakar kesehatan dan kebugaran serta pelatih penurunan berat badan untuk wanita. Kekhawatiran nomor satu yang dia dengar dari klien ketika kita berbicara tentang memilih kebiasaan sehari-hari yang lebih sehat adalah mereka tidak punya banyak waktu dan itu benar bahkan selama pandemi, ketika banyak orang bekerja dari jarak jauh.

Meskipun tampaknya merapikan rutinitas pagi Anda akan membutuhkan banyak usaha, sebenarnya hanya perlu beberapa penambahan cepat pada hal-hal yang sudah Anda lakukan namun tetap dapat membuat perbedaan yang nyata.

Mengutip Today, Jumat (28/05/2021), berikut adalah beberapa ide untuk membantu meningkatkan kesehatan pada rutinitas pagi Anda.

1. Yoga saat Anda bangun dari tempat tidur

Beberapa peregangan yang terasa paling baik dapat dilakukan tepat setelah Anda bangun tidur. Gulingkan perlahan dari bawah selimut, berdirilah di samping tempat tidur dan lakukan sun salute versi mini.

Mulailah dengan tangan di sisi tubuh dan raih dengan tangan di atas kepala. Fokus pada pernapasan Anda saat Anda menurunkan lengan kembali ke bawah.

2. Meditasi kopi

Alih-alih meminum kopi Anda sambil membaca email pekerjaan Anda, cobalah memulai pagi Anda dengan melakukan beberapa latihan pernapasan dan meditasi. 

Tarik napas selama empat hitungan, tahan selama empat hitungan, lalu buang napas selama empat hitungan. Kemudian, ulangi beberapa kali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Smoothie squats

Setelah Anda menekan tombol "blend" untuk membuat smoothie, lakukan 10 squat cepat. Mulailah dengan kaki Anda selebar pinggul, lalu turunkan ke posisi jongkok. 

Lakukan ini sebanyak 10 kali, sambil memastikan punggung Anda tetap lurus. Nikmati hadiah smoothie Anda setelah selesai.

4. Berputar di bawah shower

Luangkan waktu untuk melakukan latihan otot perut cepat sambil mandi. Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan pastikan lantai kamar mandi Anda tidak licin.

Lalu, ambil sebotol sampo atau kondisioner dan putar tubuh Anda. Jika Anda tidak memiliki botol sampo atau kondisioner yang hampir penuh, arahkan tangan Anda ke depan.

5. Lotion dan fleksibilitas

Melembabkan tubuh Anda adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kulit Anda. Menerapkan lotion di punggung Anda bisa tampak seperti perjuangan bagi kebanyakan orang. 

Tetapi, jika Anda menggunakannya sebagai kesempatan untuk meningkatkan fleksibilitas Anda, maka Anda akan melipatgandakan manfaatnya.

Letakkan lengan kanan Anda di belakang leher dan lengan kiri di belakang punggung Anda. Tujuannya adalah untuk menyatukan tangan Anda.

6. Latihan tata rias dan pernapasan

Menerapkan riasan mata dapat membutuhkan konsentrasi yang serius. Saat Anda melakukan eyeliner atau perona mata, cobalah menahan napas selama 10 detik, lalu tarik napas selama 5 detik. 

Lakukan ini selama tiga kali untuk bersantai sambil menyempurnakan penampilan Anda dan mempersiapkan diri untuk hari itu.

3 dari 3 halaman

7. Mengencangkan lengan sambil mengeritingkan rambut

Anda tidak pernah tahu seberapa kuat lengan Anda sampai Anda mencoba untuk mengeriting rambut Anda. Pastikan Anda memegang alat pengeriting rambut atau tongkat seperti mengangkat beban. 

Pertahankan lengan Anda pada sudut 90 derajat dan pastikan untuk menahan rambut Anda di sekitar tongkat selama maksimal 10 detik. 

Jika Anda tidak suka keriting, mengeringkan rambut juga akan membantu melatih otot lengan.

8. Seimbangkan badan saat menyetrika pakaian Anda

Sambil menyetrika pakaian, Anda juga bisa sekaligus meningkatkan keseimbangan. Salah satu cara favorit Mansour dalam menyetrika pakaian adalah sambil menyeimbangkan badan dengan satu kaki. 

Ini melibatkan bagian tengah tubuh Anda sambil sekaligus menunggu pakaian Anda meluruskan kerutannya.

9. Jari kaki menyentuh dan memakai sepatu

Coba kenakan sepatu Anda sambil menyentuh jari kaki. Pastikan kaki Anda tetap lurus tanpa mengunci lutut. Ini bisa membantu kelenturan Anda saat Anda mengikat atau mengenakan sepatu.

10. Manfaatkan waktu persiapan salad

Membuat salad untuk makan siang dapat membantu Anda meningkatkan asupan sayuran hijau dan sayuran secara keseluruhan, sekaligus berfungsi sebagai beban goyang. 

Siapkan salad Anda lalu taruh dalam wadah bertutup dan kocok. Setelah Anda menambahkan topping dan sayuran hijau (tanpa saus), kocok wadah Anda ke atas dan ke bawah selama satu menit.

11. Peregangan leher dalam perjalanan

Entah Anda masih dalam perjalanan ke tempat kerja atau hanya memindahkan diri dari tempat tidur ke komputer, istirahat sejenak untuk meregangkan leher dengan benar bisa menjadi penjinak ketegangan pagi hari yang hebat. 

Putar leher Anda dari sisi kanan ke sisi kiri dan ke belakang lagi tapi jangan menggulingkannya ke belakang. Lakukan ini selama sekitar tiga puluh detik.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini