Sukses

Cara Perawatan yang Benar untuk Kulit Sensitif

Liputan6.com, Jakarta Industri kecantikan banyak mengeluarkan berbagai produk perawatan kecantikan baru. Salah satunya untuk perawatan kulit wajah. Hal itu disebabkan karena banyaknya peminat skincare yang terus bertambah.

Di samping itu, banyaknya influencer saat ini yang tersebar di sosial media pun sering mengulas berbagai manfaat produk kecantikan khususnya untuk perawatan kulit. Itu kenapa orang lain pun menjadi tertarik dan memiliki rasa ingin mencoba.

Karena sangat memengaruhi seseorang untuk membeli, banyak konsumen pun akhirnya tergiur kemudian memakai produknya. Padahal belum tentu produk tersebut cocok untuk dipakainya.

Seringkali seseorang tidak terlalu memahami jenis kulit apa yang dimiliki sehingga dia mencoba jenis apa pun produknya.

Hal itu akan sangat berpengaruh pada jenis kulitnya yang sensitif. Seseorang yang memiliki kulit berjerawat serta sensitif perlu sangat hati-hati ketika membeli dan memakai produk kecantikan. Apalagi jika membelinya di pasaran.

Seseorang yang memiliki kulit sensitif memiliki sel kulit yang sangat mudah teriritasi. Hal itu mengartikan, segala produk apa pun yang menyentuh kulit harus menenangkan, tidak menyebabkan iritasi, dan tidak terlalu menimbulkan rasa perih.

Oleh sebab itu, orang yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan bahan, seperti lemon, witch hazel, segala jenis astringen, alkohol, dan minyak esensial.

Jika Anda mudah terkena ruam atau jerawat pada kulit setelah mengaplikasikan suatu produk, ada baiknya Anda harus mengingat-ingat beberapa hal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

Berikut ini beberapa hal yang mungkin harus Anda ingat sebelum mulai mengaplikasikan produk kecantikan ke kulit wajah Anda, seperti melansir laman Timesnownews, Senin (25/1/2021).

1. Jangan sembarang mengaplikasikan produk

Anda tidak boleh sembarangan mengoleskan atau mengaplikasikan apa pun pada kulit. Sekalipun itu adalah bahan alami, namun ketika tidak cocok pasti akan menimbulkan efek samping pada kulit Anda.

Memiliki kulit sensitif harus selalu berhati-hati karena efek samping setelah menggunakan produk yang tidak cocok nantinya akan menimbulkan rasa perih dan bahkan ruam.

2. Jauhi bahan tertentu

Ketika Anda memiliki kulit sensitif, hal yang harus diperhatikan lainnya adalah jangan mengaplikasikan bahan-bahan, seperti lemon, alkohol, minyak esensial, dan bahan sejenisnya.

Menambahkan cairan, seperti cairan lemon, tidak akan membuat kulit Anda menjadi lebih baik justru akan menimbulkan masalah baru pada kulit.

3. Lebih baik menggunakan madu

Ada baiknya Anda gunakan produk yang berbahan madu karena bahan tersebut cenderung lebih cocok untuk kulit sensitif.

Jika Anda ingin membuat masker atau membuat krim wajah alami, Anda bisa menggunakan madu untuk perawatan kulit yang sensitif. Madu tersebut selain aman, juga menenangkan jika diaplikasikan di kulit.

4. Ketahui bahan yang terkandung dalam produk

Jika Anda membeli sebuah produk perawatan kulit di pasaran, perhatikanlah apa saja kandungannya. Sebagai orang yang memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya Anda sudah mengerti bahan apa yang baik dan tidak baik untuk digunakan.

Anda mungkin bisa memilih produk dengan bahan yang lebih ringan sehingga tidak akan menyebabkan atau meminimalisir adanya ruam dan jerawat.

5. Ketahui alergi kulit Anda

Terakhir, Anda harus mengetahui apa saja jenis alergi yang Anda miliki. Sebaiknya Anda selalu melakukan tes produk terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada kulit.

 

 

2 dari 2 halaman

Perawatan kulit sensitif

Setelah Anda mengetahui apa saja yang harus diingat sebelum mengaplikasikan suatu produk pada kulit, selanjutnya Anda juga harus bisa merawat kulit jika memiliki kulit yang sensitif. Beberapa perawatan ini mungkin bisa membantu.

1. Pengelupasan dengan gula

Gula merupakan salah satu eksfoliator terbaik yang tidak menyebabkan kerusakan mikro pada kulit. bahan tersebut terkenal karena bisa mengangkat sel kulit mati dan dapat mencair ke dalam kulit sehingga dapat menenangkan dan tidak menyebabkan iritasi.

2. Lembapkan dengan minyak almond atau minyak bunga matahari

Ketika kulit Anda terasa kering dan sensitif, sebaiknya Anda mengoleskan minyak almond atau minyak bunga matahari karena keduanya merupakan bahan yang baik untuk jenis kulit sensitif. Kedua minyak tersebut mengandung nonkomedogenik sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

3. Tetap terhidrasi

Selain melakukan perawatan dari luar, Anda juga harus memenuhi kebutuhan kulit dari dalam yakni dengan banyak minum air. Cara terbaik untuk menghindari kulit kering adalah dengan memperbanyak minum air.

Minumlah setidaknya delapan gelas per hari untuk menjaga kelembapan kulit. selain menjaga agar tetap terhidrasi, banyak minum air juga dapat membantu elastisitas kulit dan membuatnya tetap sehat.

4. Memakai masker madu

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, madu merupakan bahan yang menenangkan untuk kulit sensitif. Jika Anda ingin memanjakan diri dengan bermaskeran, masker madu merupakan salah satu bahan yang direkomendasikan.

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri sekaligus menjadi bahan yang noniritan. Oleh karena itu, madu merupakan bahan terbaik untuk kulit sensitif. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan madu dengan coklat untuk dioleskan untuk masker kulit. Biarkan selama 15 menit setelah itu baru bilas dengan air.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati