Sukses

Atasi Kolesterol dengan Lima Kegiatan Ini

Liputan6.com, Jakarta Darah mengandung zat lemak yang biasa dikenal dengan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dinilai dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bagi Anda penderita kolesterol, sebaiknya perlu menghindari hal-hal yang bisa meningkatkan risiko tersebut.

Di samping itu, Anda juga bisa lebih memperhatikan pola makan atau melakukan beberapa latihan untuk mengurangi tingkat kolesterol.

Kolesterol yang tinggi mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Mengonsumsi lemak yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, penambahan berat badan, serta merokok merupakan faktor-faktor yang bisa menyebabkan kolesterol. Selain itu, genetika serta usia pun bisa pula menjadi penyebabnya.

Untuk menghindari atau mengatasi atas risiko tersebut, Anda perlu menjaga kolesterol agar tetap terkendali. Hal itu merupakan salah satu cara yang paling efektif. Latihan aerobik mungkin memiliki kecenderungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan latihan anaerobik.

Selain latihan tersebut, Anda juga mungkin bisa melakukan beberapa kegiatan ini untuk membantu Anda menurunkan kadar kolesterol, seperti melansir laman Time Now News, Sabtu (2/1/2021).

1. Berenang

Siapa sangka, ternyata berenang bisa bermanfaat untuk menjaga berat badan, paru-paru, dan jantung agar lebih sehat.

Dengan berenang, bisa membantu Anda untuk membangun daya tahan tubuh serta meningkatkan kekuatan kardiovaskular. Dengan menjaga berat badan yang sehat tersebut, Anda dapat dengan mudah mengatur kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

 

2. Berjalan kaki

Cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah berjalan kaki. Jalan kaki merupakan salah satu bentuk latihan termudah dan paling efektif dilakukan saat di luar ruangan.

Dengan berjalan kaki, dapat membantu meningkatkan sirkulasi serta memperkuat jantung. Hal itu tentu akan lebih mempermudah Anda untuk mengelola kadar kolesterol.

Selain itu, dengan berjalan kaki pula Anda bisa meningkatkan suasana hati, memperkuat otot, menurunkan berat baan, dan meningkatkan kesehatan sendi.

3. Berlari

Selain berjalan kaki, Anda juga bisa berlari. Lari adalah salah satu cara yang tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengelola kadar kolesterol.

Dengan Anda berlari, kolesterol dalam tubuh Anda akan terbakar sehingga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Selain itu membakar kalor, Anda juga bisa memperkuat otot serta meningkatkan kebugaran kardiovaskular untuk tubuh Anda.

 

2 dari 2 halaman

4. Bersepeda

Dengan Anda bersepeda juga ternyata dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Di samping itu, bersepeda pun merupakan salah satu latihan yang menyenangkan. Selain dapat menurunkan kadar lemak, bersepeda juga dinilai dapat memperbaiki postur tubuh, memperbaiki sendir, serta dapat menjaga kesehatan jantung dan tulang.

5. Angkat beban

Angkat beban merupakan bentuk olahraga anaerobik yang mungkin tidak terlalu mudah untuk dilakukan. Namun, olahraga ini sama efektifnya dan memiliki manfaat.

Dengan olahraga ini, dapat membantu untuk memperkuat otot-otot tubuh. Selain itu, dapat meningkatkan detak jantung yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer